logo-navbar

Siap Bisnis Ekspor? Ini 6 Barang Ekspor Indonesia Terbaik

10 AUG 2023

 

Indonesia adalah negara yang diberkati dengan kekayaan sumber daya alam dan warisan budaya yang sangat kaya. Wajar saja jika negara ini menjadi kawasan bisnis pasar ekspor global. 

 

Selama bertahun-tahun, Indonesia menjadi negara dengan banyak komoditas ekspor yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan dan stabilitas ekonominya. 

 

Komoditas ini terkenal dengan kualitas, keanekaragaman, dan daya tariknya di pasar internasional, sehingga Indonesia memiliki keunggulan kompetitif dalam perdagangan dunia. 

 

 

Baca Juga: Kenali Pemberitahuan Ekspor Barang atau PEB Disini!

 

 

Berikut beberapa komoditas ekspor unggulan Indonesia dan dampaknya terhadap perekonomian negara.

 

 

 

Minyak Kelapa Sawit

 

barang ekspor indonesia

 

alatpertanian.asia

 

Kelapa sawit tentunya menjadi salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia yang sering disebut “emas hijau” karena penggunaannya luas di berbagai industri di dunia. 

 

Diekstraksi dari pohon kelapa sawit, minyak sawit berfungsi sebagai bahan dasar produk makanan, kosmetik, obat-obatan, dan lainnya. Indonesia merupakan produsen minyak sawit terbesar di dunia dengan kontribusi sekitar 55% dari total produksi global.  Data yang diperoleh dari data GAPKI mencatatkan nilai sawit Indonesia sekitar 11,39 juta ton di pertengahan tahun 2022. 

 

Industri kelapa sawit juga menciptakan peluang kerja yang cukup besar bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Dalam catatan BPS, nilai ekspor Kelapa Sawit berada di posisi atas untuk kategori ekspor nonmigas, dengan tujuan Eropa dan kawasan Asia. 

 

 

Gas Bumi 

 

barang ekspor indonesia

 

energy-techno.blogspot.com

 

Indonesia memiliki cadangan gas alam yang melimpah. Gas alam berperan penting dalam menggerakkan industri, rumah tangga, dan transportasi di seluruh dunia. Sebagai pengekspor gas alam cair (LNG), Indonesia sudah bekerjasama untuk hubungan perdagangan yang baik dengan berbagai negara. 

 

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengembangkan dan memperluas infrastruktur gas bumi, yang memungkinkan Indonesia memenuhi kebutuhan energi global dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Selain itu, investasi dalam teknologi energi bersih dan sumber daya terbarukan telah diupayakan untuk memastikan masa depan energi yang berkelanjutan bagi bangsa dan dunia.

 

 

 

Karet 

 

barang ekspor indonesia

 

thumbi7.hubpages.com

 

Indonesia adalah salah satu produsen karet terbesar di dunia, menyumbang sebagian besar perdagangan karet dunia. Karet menjadi bahan serbaguna dan esensial, yang merupakan komoditas ekspor utama lainnya untuk Indonesia. 

 

Berasal dari pohon karet, sumber daya alam ini ditemukan dalam produk seperti ban, alas kaki, perekat, dan peralatan medis. Dengan pertumbuhan industri otomotif dan inovasi berkelanjutan di berbagai sektor, permintaan karet tetap stabil. 

 

Lokasi strategis Indonesia dan sumber daya alam yang melimpah berkontribusi pada daya saingnya di pasar yang menguntungkan ini. Negara tujuan ekspor seperti Jepang, Korea Selatan, Mesir dan negara lainnya. 

 

 

 

Perikanan

 

barang ekspor indonesia

 

aynorablogs.com

 

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga dikaruniai dengan sumber daya laut yang melimpah, membuat perikanan sebagai bagian vital perekonomian dan komoditas ekspor yang penting. 

 

Kekayaan laut negara terdiri dengan beragam spesies ikan, udang, kepiting, dan rumput laut. Permintaan produk perikanan di pasar internasional terus meningkat demi memenuhi pasokan pangan global.

 

 

 

Kopi

 

barang ekspor indonesia

 

aynorablogs.com

 

Dalam industri kopi global, Indonesia memiliki biji kopi berkualitas, karena memang wilayah dan iklim negara ini menjadi tempat untuk beragam varietas kopi, termasuk Arabika dan Robusta. Kopi dari daerah seperti Sumatera, Jawa, dan Bali telah mendapatkan pengakuan dan apresiasi dunia.

 

Itu sebabnya, kopi menjadi barang ekspor dari Indonesia dengan banyak peminat dalam perdagangan internasional, diantaranya Jepang, Singapura, Malaysia hingga Amerika Serikat. Selain itu, praktik pertanian kopi berkelanjutan, seperti metode penanaman demi melestarikan ekosistem dan mendukung petani kopi skala kecil.

 

 

Industri dan Produk Tekstil

 

barang ekspor indonesia

 

aliceincosplayland.com

 

Industri tekstil juga diminati berbagai negara di dunia, yakni Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Italia, Meksiko dan lainnya. Keunggulan produk tekstil Indonesia terdapat pada ekspor tekstil kreatif dengan keunikan budaya Indonesia, seperti Batik dan Kain tradisional lainnya. 

 

 

Kesimpulan

 

Komoditas atau barang ekspor Indonesia yang luar biasa memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi negara dan hubungan perdagangan internasional. Dari minyak sawit hingga kopi aromatik, komoditas ini telah meninggalkan jejak di pasar global, berkontribusi pada kemakmuran tanah air.  

 

Walau begitu, pengelolaan sumber daya sangat penting untuk memastikan masa depan industri ini sekaligus melestarikan lingkungan. Dengan memanfaatkan kekayaannya yang melimpah secara bertanggung jawab, Indonesia dapat terus memiliki tempat dalam persaingan negara ekspor terkemuka di pasar ekspor global.

 

Untuk kegiatan ekspor impor, Surya Inti Primakarya siap membantu proses pengiriman dengan aman dan cepat menggunakan 2 pilihan jalur pengiriman yaitu melalui laut dan udara.

 

Butuh informasi lebih lanjut? Info Hubungi kami.

 


Your Message Has Been Sent..