Estimasi pengiriman barang sudah menjadi bagian penting dalam dunia bisnis modern. Baik untuk bisnis e-commerce, logistik, hingga jasa pengiriman, istilah ini menjadi indikator yang dibutuhkan pelanggan dan menjaga kepuasan mereka saat menggunakan jasa pengiriman.
Jasa pengiriman atau ekspedisi umumnya memiliki estimasi pengiriman yang berbeda-beda sesuai dengan jenis layanan yang diterapkan, demi menunjukkan perkiraan waktu barang sampai ke pembeli.
- Pengertian Estimasi Pengiriman
- Faktor yang Mempengaruhi Estimasi Pengiriman
- Jarak Pengiriman
- Metode Pengiriman
- Kecepatan Layanan
- Ketersediaan dan Kondisi Barang
- Cuaca dan Kondisi Lalu Lintas
- Berat dan Volume Barang
- Proses Estimasi Pengiriman
- Pemrosesan Permintaan
- Menentukan Rute dan Pengiriman
- Waktu
- Komunikasi Estimasi Pengiriman
- Pelacakan Pengiriman
- Cara Penanganan Masalah Pada Estimasi Pengiriman
- Kesimpulan
Baca Juga: Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Door to Port
Kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai estimasi pengiriman barang dan seberapa berpengaruhnya pada peningkatan usaha Anda.
Pengertian Estimasi Pengiriman
Estimasi pengiriman merupakan perkiraan waktu yang diberikan kepada pelanggan atau penerima barang untuk mengetahui berapa lama barang akan sampai ke tujuan. Estimasi ini diperhatikan dari berbagai faktor, seperti layanan pengiriman yang dipilih, jarak pengiriman, serta kondisi dan ketentuan yang berlaku.
Faktor yang Mempengaruhi Estimasi Pengiriman
Jarak Pengiriman
Jarak antara pengirim dan tujuan pengiriman bisa jadi faktor utama dalam estimasi waktu. Kian jauh jaraknya, maka perkiraan waktu sampai akan lebih lama.
Metode Pengiriman
Metode pengiriman yang dipilih juga tentunya akan memberi pengaruh pada estimasi pengiriman. Pengiriman melalui jalur darat, udara, atau laut pastinya mempunyai waktu tempuh yang tidak sama. Selain itu, terdapat juga layanan pengiriman cepat yang bisa Anda pilih jika ingin waktu pengiriman lebih cepat dari biasanya.
Kecepatan Layanan
Perlu diketahui jika setiap jasa layanan pengiriman punya opsi kecepatan pengiriman masing-masing. Terdapat layanan reguler, ekspres, dan prioritas yang tentunya jalur dan waktu pengiriman akan berbeda satu sama lain.
Ketersediaan dan Kondisi Barang
Jika barang yang dikirim termasuk jarang dan langka, atau membutuhkan penanganan khusus, estimasi pengiriman akan berbeda dari pengiriman biasanya dan dipertimbangkan sesuai tujuannya yakni memastikan barang tersebut dalam kondisi yang baik selama pengiriman.
Cuaca dan Kondisi Lalu Lintas
Faktor eksternal seperti cuaca buruk atau kemacetan lalu lintas juga berpengaruh pada estimasi waktu pengiriman. Pada kondisi ini, perkiraan pengiriman barang bisa meleset dari yang sebelumnya.
Berat dan Volume Barang
Hal yang dapat mempengaruhi perkiraan barang sampai juga terletak pada berat dan volume barang yang dikirim.
Semakin berat dan besar barang yang akan dikirim, biaya dan waktu pengiriman akan lebih lama, karena membutuhkan transportasi yang lebih besar, packing yang lama dan perlengkapan proses pengiriman yang baik demi memastikan barang sampai dengan baik dan tidak rusak.
Proses Estimasi Pengiriman
Pemrosesan Permintaan
Saat pelanggan atau pengirim memberikan informasi tentang pengiriman, seperti alamat asal dan tujuan, ukuran dan berat barang, serta metode pengiriman yang sudah dipilih, data tersebut akan diproses oleh penyedia layanan pengiriman.
Menentukan Rute dan Pengiriman
Setelah itu, dari informasi yang diberikan, penyedia layanan akan menentukan rute pengiriman dan penggunaan armada yang sesuai.
Waktu
Biasanya penyedia layanan pengiriman akan memperhitungkan estimasi waktu. Hal ini berkaitan dengan faktor-faktor seperti jarak, metode pengiriman, kecepatan layanan, serta faktor eksternal seperti cuaca dan kondisi lalu lintas.
Komunikasi Estimasi Pengiriman
Estimasi waktu pengiriman akan dihitung dan diinformasikan kepada pelanggan atau penerima barang, baik secara langsung, email, pesan teks, atau situs web serta aplikasi yang digunakan.
Pelacakan Pengiriman
Setelah pengiriman barang dilakukan, pelanggan atau penerima barang bisa melakukan pelacakan nomor barang untuk memantau status pengiriman. Pelacakan ini memungkinkan penerima tahu posisi barang dan perkiraan waktu tiba yang lebih akurat.
Cara Penanganan Masalah Pada Estimasi Pengiriman
pexels.com
Komunikasi yang Jelas
Penting bagi penyedia jasa layanan pengiriman tetap berkomunikasi dengan baik dan jelas dengan pelanggan. Jika terjadi keterlambatan atau masalah lain, penyedia layanan harus memberi tahu pelanggan secepat mungkin, termasuk terkait perkembangan situasi barang kiriman.
Penanganan Keluhan
Banyak pelanggan yang kemudian tidak menggunakan jasa layanan pengiriman tertentu karena tidak mendengarkan keluhan terkait estimasi pengiriman.
Dalam hal ini, penyedia layanan harus dengan cepat menanggapinya dan mencari solusi yang baik, bisa terkait penggantian barang, pengembalian biaya pengiriman, atau kompensasi lainnya sesuai dengan kebijakan perusahaan.
Evaluasi
Setiap ada masalah dalam estimasi pengiriman, penyedia layanan wajib melakukan evaluasi dan memperbaiki proses pengiriman yang dilakukan, diantaranya peningkatan infrastruktur, pelacakan, atau peningkatan komunikasi.
Manajemen Risiko
Penyedia layanan pengiriman wajib memiliki strategi manajemen risiko yang efektif saat menghadapi situasi tidak terduga, seperti cuaca buruk, bencana alam, atau perubahan regulasi. Hal ini akan membantu menciptakan rencana cadangan, asuransi, atau kemitraan dengan penyedia layanan lain untuk memastikan kelancaran pengiriman.
Kesimpulan
Estimasi pengiriman memainkan peran penting dalam memenuhi harapan pelanggan dan menjaga kepuasan mereka dalam bisnis pengiriman barang. Dengan mempertimbangkan berbagai faktor terkait, penyedia layanan pengiriman dapat memberikan estimasi waktu yang akurat kepada pelanggan.
Walau demikian, terkadang terjadi keterlambatan atau masalah dalam estimasi pengiriman. Jadi, penting bagi penyedia layanan pengiriman melakukan tindakan yang tepat dan akurat.
Selain kebutuhan pengiriman, Anda wajib memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya dan sudah berpengalaman dibidangnya.
Surya Inti Primakarya (SIP) hadir dan siap membantu proses pengiriman barang lebih aman dan cepat melalui 2 jalur, yaitu laut dan udara. Butuh informasi lebih lanjut terkait layanan SIP? Segera untuk Hubungi kami.