logo-navbar

Hindari Importir Penipu, Ini Cara Mudahnya!

24 MAR 2024

Perdagangan internasional menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi di berbagai negara. Akan tetapi, di tengah kemudahan berbisnis secara internasional, ada risiko terhadap praktik penipuan yang wajib diwaspadai. Seperti ancaman importir penipu. 

Mengimpor barang dari luar negeri butuh proses yang tidak sederhana, termasuk transaksi yang berisiko tinggi pada finansial dan reputasi bisnis Anda jika bertemu dengan importir yang tidak resmi. 

Itu sebabnya, Anda wajib memahami apa saja cara menghindari importir penipu. 

Kenali ciri-ciri serta modus operandinya berikut ini! 

 

 

Siapa itu Importir?

Cara Menghindari Importir Penipu

istockphoto.com

Importir adalah pihak atau orang yang bertugas menjadi perantara dalam transaksi akan barang yang dibeli atau datang dari luar negeri, yang nantinya akan digunakan sebagai produksi atau tujuan konsumsi saja. 

 

Cara Menghindari Importir Penipu 

Cara Menghindari Importir Penipu

istockphoto.com

1. Lakukan Analisa Mendalam

Sebelum memulai bisnis dengan importir pilihan Anda, lakukan analisa dengan cermat terlebih dahulu. Periksa reputasi jasa importir yang akan digunakan, bisa juga melalui ulasan dan testimoni klien sebelumnya. 

Minta pendapat rekan bisnis yang pernah bekerjasama dengan importir ini. Maksimalkan platform daring, seperti forum bisnis dan media sosial sebagai sumber informasi lanjutan. 

 

2. Verifikasi Legalitas dan Akreditasi

Importir dengan lisensi dan izin resmi adalah hal yang wajib jika ingin melakukan bisnis internasional. Verifikasi apakah pihak jasa ini terdaftar dalam badan pengatur perdagangan dan memiliki sertifikasi atau akreditasi sesuai regulasi standar bisnis internasional dan hukum yang berlaku. 

 

3. Pentingnya Komunikasi

Komunikasi yang jelas dan transparan menjadi kunci dalam membangun hubungan bisnis yang baik. Apakah importir merespons pertanyaan dan permintaan Anda? Jika tidak memuaskan dan memberi pelayanan yang dibutuhkan, lebih baik Anda pertimbangkan menggunakan jasa importir lain. 

 

4. Periksa Kontrak Kerja

Sebelum menandatangani kontrak, baca dan simak dengan cermat tiap klausa dan persyaratan. Perhatikan detail pada pesanan, waktu pengiriman, dan ketentuan pembayaran. Jika ada klausul-klausul ambigu, jangan takut untuk menanyakan dan konsultasi pada tim hukum terpercaya. 

 

5. Sistem Pembayaran yang Jelas

Selalu terapkan sistem pembayaran yang aman dan sesuai hukum. Anda bisa menerapkan pembayaran dengan metode Letter of Credit atau transfer ke rekening yang jelas.  

 

6. Pantau Proses Pengiriman

Setelah itu, lakukan pemantauan pada proses pengiriman barang.  Simpan nomor pelacakan atau bukti pengiriman dari importir serta lakukan verifikasi informasi yang diberikan. 

 

Ciri-Ciri Importir Penipu

Cara Menghindari Importir Penipu

istockphoto.com

Beberapa ciri-ciri umum importir penipu, diantaranya :

Tawaran Terlalu Berlebihan

Importir yang memberikan penawaran harga yang jauh di bawah pasar memang akan menarik perhatian Anda, namun bisa saja itu penawaran palsu.

 

Dokumen yang Tidak Jelas

Importir yang enggan atau lamban menyediakan berbagai berkas dan dokumen penting seperti faktur, kontrak, atau izin bisa jadi pertanda jika mereka adalah pihak jasa yang bermasalah. 

 

Ketidaksesuaian Barang Kiriman

Jika barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi atau spesifikasi yang disepakati, Anda harus waspada karena itu jadi pertanda importir tidak dapat dipercaya.

 

Komunikasi Tidak Lancar

Sulit dihubungi atau tidak konsisten dalam tiap komunikasi, bisa menjadi motif yang tidak jujur.

 

Metode Pembayaran yang Tidak Jelas 

Jika melakukan penipuan, biasanya metode pembayaran akan dimanipulasi. Penipu bisa saja menggunakan instrumen pembayaran seperti cek dan transfer bank yang palsu, dengan sistem chargeback atau pembayaran yang dibatalkan karena transaksi dianggap tidak sah. 

 

Kesimpulan

 

Mengimpor barang dari luar negeri memang jadi aktivitas bisnis yang penting dan berisiko. Tapi, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa terhindar dari importir penipu. 

Selalu waspada terhadap ciri-ciri importir penipu dan jangan ragu untuk menghentikan kerjasama jika ada tanda-tanda yang mencurigakan.

Butuh jasa pengiriman yang aman ? 

Bersama PT Surya Inti Primakarya, kami menyediakan jasa pengiriman dan pelayanan kepabeanan terpercaya dan berpengalaman, yang siap membantu pengiriman melalui laut dan udara. 

Informasi lebih lengkap, silahkan Hubungi kami.


Your Message Has Been Sent..