Melakukan ekspor dan impor tentu memiliki tantangan tersendiri. Terlebih lagi, ekspor impor yang dilakukan adalah ekspor dan impor yang dilakukan secara mandiri. Ekspor impor mandiri umumnya akan melibatkan custom clearance.
Custom clearance, atau sering disebut juga sebagai pabean, merupakan proses yang penting dalam perdagangan internasional dan kegiatan ekspor impor. Namun, tak jarang masih banyak yang mengalami kesulitan untuk memenuhi custom clearance ini ketika melakukan ekspor dan impor suatu barang.
Dalam pembahasan kali, kita akan membahas lebih dalam custom clearance mulai dari definisi hingga tahapan prosedurnya.
Yuk simak bahasan lengkapnya berikut ini hingga tuntas.
Apa Itu Custom Clearance?
istockphoto.com
Custom clearance merupakan sebuah prosedur yang perlu dipenuhi oleh pelaku ekspor maupun impor apabila ingin mengirim keluar negeri maupun memasukan sebuah barang ke dalam negara.
Lebih lanjut custom clearance merupakan proses administrasi yang mengurus pengiriman atau pengangkutan muatan atau kargo yang diperlukan dalam aktivitas ekspor atau impor.
Proses ini melibatkan pembayaran pajak, pemenuhan persyaratan kepabeanan, serta pengurusan dokumen yang relevan agar muatan atau barang tersebut bisa diantarkan ke suatu negara dengan lancar dan sah secara hukum.
Apa Saja Dokumen Yang Diperlukan?
Istockphoto.com
Dalam mengurus custom clearance, tentu saja terdapat beberapa dokumen yang harus dipenuhi oleh pihak importir maupun eksportir. Setiap dokumen harus sudah disiapkan secara lengkap guna menghindari resiko hambatan dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.
Berikut adalah beberapa dokumen yang diperlukan untuk memenuhi prosedur custom clearance.
-
Bill Of Entry : dokumen yang perlu diberikan kepada pihak bank yang selanjutnya akan diverifikasi.
-
Faktur Komersial : dokumen bukti transaksi suatu barang
-
Bill of Lading: yaitu dokumen hukum yang dikeluarkan oleh pihak layanan transportasi kepada pihak pengirim.
-
Lisensi atau Izin Ekspor: dokumen perizinan bagi pihak eksportir dalam melakukan ekspor barang.
-
Sertifikat Asuransi: dokumen asuransi yang berperan sebagai perlindungan barang.
-
Pesanan Pembelian (Letter Of Credit): dokumen metode pembayaran suatu transaksi pembelian.
-
Dokumen Perizinan Industri (apabila ada)
-
Registration-Cum Membership Certificate (RCMC) (apabila ada)
-
Laporan Bukti Pengujian (apabila ada)
Tahapan Prosedur Custom Clearance
istockphoto.com
Setelah memahami dokumen-dokumen apa saja yang perlu dilengkapi, pada poin ini kita akan membahas apa saja tahapan prosedur custom clearance. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Tahap 1 : Pre-Clearance
Pada tahap awal ini, proses dimulai dengan sejumlah kegiatan administratif yang perlu diselesaikan. Perusahaan serta pihak yang menggunakan layanan logistik harus melakukan pendaftaran kepada otoritas kepabeanan untuk mendapatkan Nomor Identifikasi Kepabeanan (NIK).
Proses ini penting karena NIK digunakan sebagai identifikasi resmi untuk keperluan kepabeanan dan memastikan bahwa kehadiran pelaku ekspor atau suatu perusahaan diakui secara resmi dalam proses impor dan ekspor.
Tahap 2 : Clearance
Tahap clearance merupakan sebuah tahapan kedua yang meliputi tiga hal penting. Tahapan tersebut diantaranya yaitu memberitahukan kepada pihak berwenang di bidang kepabeanan, melaksanakan pembayaran pajak yang sesuai, dan memperoleh izin untuk melepaskan barang.
Perlu dicatat bahwa bagi pelaku kegiatan impor, terdapat tiga jalur yang harus mereka pilih, yaitu jalur merah, kuning, dan hijau. Setiap jalur memiliki prosedur dan tingkat pemeriksaan yang berbeda, sesuai dengan tingkat risiko dan kriteria tertentu yang diterapkan oleh lembaga kepabeanan.
Tahap 3 : Post-Clearance
Tahap post-clearance menjadi tahapan akhir dalam mengurus custom clearance. Tahapan ini meliputi proses administrasi yang paling akhir sebelum barang atau paket dikirim ke luar negeri.
Kesimpulan
Memenuhi prosedur custom clearance merupakan hal yang sangat penting dalam perdagangan internasional. Proses ini tidak hanya mengikuti aturan hukum yang berlaku dalam negara tujuan, tetapi juga menjadi kunci untuk menghindari masalah hukum.
***
Butuh penyedia layanan jasa pengiriman barang yang berpengalaman untuk memastikan kelancaran proses ekspor-impor Anda? SIP adalah jawabannya
Surya Inti Primakarya memiliki tenaga ahli ekspor dan ahli kepabeanan yang siap untuk membantu Anda dalam mengirim barang secara aman, terpercaya, dan tepat waktu.
Butuh Info lengkapnya? Hubungi Kami.