logo-navbar

Apa Saja Langkah Rencana Ekspor Jualan Ke Luar Negeri? Ini Lengkapnya!

21 APR 2024

Berjualan menjadi suatu kegiatan yang sangat umum diminati dan dilakukan oleh banyak orang dalam meraih pundi-pundi rupiah. Banyak dari mereka yang berdagang dengan menjajakan produk-produk mereka seperti makanan, pakaian, dan produk-produk lainnya. 

Tak sedikit dari mereka yang memperluas pasar penjualannya dengan melakukan ekspor ke luar negeri. Ekspor jualan ke luar negeri bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan, bahkan pemerintah Indonesia sangat mendukung hal tersebut.

Namun perlu Anda pahami bahwa kegiatan ekspor jualan ke luar negeri harus didasari dengan rencana yang matang. Ini juga meliputi penerapan cara-cara yang tepat agar bisnis berjualan Anda tidak mengalami masalah yang berujung pada resiko kerugian. 

Yuk kita simak lebih dalam mengenai rencana ekspor jualan ke luar negeri berikut ini!

 

Apa Itu Rencana Ekspor

Ekspor Jualan ke Luar Negri

istockphoto.com

 

Rencana ekspor sendiri merupakan istilah yang mengacu pada perencanaan sebuah usaha dengan fokus tujuan bisnis yang berupa kegiatan berjualan dan pemenuhan terhadap permintaan pasar yang melibatkan satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai seorang pengusaha atau pebisnis, sangat perlu melakukan perencanaan usaha. Terlebih lagi ketika produk mereka akan dijual dan akan diekspor ke luar negeri. 

Oleh karena itu, utamanya, apabila seorang pengusaha akan mengekspor produk mereka keluar negeri untuk dijual, dengan untuk memperluas pemasarannya ke pasar global, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyusun sebuah Rencana Ekspor yang terperinci.

 

Mengapa Perlu Direncanakan?

Ekspor Jualan ke Luar Negri

istockphoto.com

 

Ekspor jualan ke luar negeri sangat perlu direncanakan karena hal ini sangat berhubungan erat kaitannya dengan tujuan akhir dari suatu kegiatan bisnis, yaitu pencapaian profit atau keuntungan. Untuk itu, berikut ini adalah paparan lebih lanjut mengenai alasan atau tujuan dari dilakukannya rencana ekspor.

 

  1. Yang pertama, rencana ekspor dilakukan untuk membantu pengusaha untuk menguatkan alasan mereka, mengapa ekspor sangat perlu dilakukan.
    Mereka akan lebih memahami apa yang ingin mereka capai melalui ekspor, dan bagaimana mereka akan mengukur kesuksesan ekspor mereka.

  2. Menganalisis dan menentukan target pasar yang paling berpotensi. Hal ini dapat mencakup minat, tren, permintaan, demografi, manajemen risiko, syarat hukum yang berlaku di negara tujuan, akomodasi logistik, dan lainnya.

  3. Mendukung perencanaan analisis SWOT yang matang pada bisnis.

  4. Mendukung persiapan yang matang dalam hal finansial atau keuangan. Persiapan yang matang dalam hal kualifikasi finansial sangat penting dilakukan untuk mendukung proses ekspor.

 

Langkah-Langkah Untuk Mulai Ekspor Jualan Ke Luar Negeri

Ekspor Jualan ke Luar Negri

istockphoto.com

 

Ada beberapa hal yang menjadi cara atau langkah yang perlu Anda terapkan untuk memulai ekspor jualan ke luar negeri. Setiap langkah perlu dilakukan dengan baik guna menghindari risiko-risiko yang mungkin terjadi selama proses ekspor berlangsung. Diantaranya seperti hambatan, kerugian, bahkan masalah dengan hukum.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mulai ekspor jualan ke luar negeri yang perlu Anda terapkan.

 

Riset & Analisis Potensi Pasar

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan yaitu melakukan riset dan analisis pada potensi pasar yang akan dituju. Analisis potensi pasar ini juga termasuk pada rencana ekspor jualan ke luar negeri seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya.

Riset dan analisis potensi pasar, dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Diantaranya seperti analisis terhadap tren, permintaan, serta persaingan di pasar tersebut yang mungkin juga menjadi ancaman dan tidak bisa diabaikan.

Lebih lanjut, dalam hal ini pengusaha juga harus lebih bijak dalam mengambil keputusan yang utamanya yakni benefit bagi bisnis yang dijalani. Diantaranya seperti potensi pertumbuhan, keuntungan, hingga tingkat potensi akses suatu negara tujuan.

 

Riset Terhadap Regulasi Yang Berlaku

Sudah pasti, regulasi adalah hal yang sangat penting untuk dipahami oleh para pelaku usaha apabila ingin mengekspor produknya ke luar negeri. Regulasi yang perlu dipahami, tidak hanya regulasi dalam negeri saja tetapi juga regulasi yang berlaku di negara tujuan. 

Sangat penting untuk dipahami agar kegiatan ekspor yang dilakukan tidak mengalami hambatan. Bukan hal yang tidak mungkin apabila suatu barang mengalami penolakan di negara tujuan dan dapat menimbulkan kerugian yang signifikan. Tak hanya itu, hal tersebut juga sangat rentan terhadap risiko bermasalah terhadap hukum.

 

Memastikan Produk Siap Diekspor

www.istockphoto.com/id/foto/kotak-kardus-di-jalur-konveyor-ilustrasi-3d-gm874164276-244098267

istockphoto.com

 

Jika pengusaha sudah yakin bahwa produk yang akan diekspor memiliki potensi yang baik untuk dijual di pasar global, dan sudah memahami betul bagaimana suatu regulasi ekspor berlaku, langkah selanjutnya yang perlu pengusaha lakukan yakni memastikan produk mereka sudah siap untuk di ekspor. 

Hal ini meliputi kontrol pada kualitas mereka dan kepatuhan produk mereka terhadap regulasi atau standar internasional yang berlaku. Tak hanya itu, produk juga harus sesuai dengan kebutuhan konsumen, sebab jika produk tidak sesuai maka konsumen mungkin akan kecewa dan tidak akan kembali untuk melakukan pembelian kembali.

Pada tahap langkah ini, pengusaha juga perlu menentukan harga yang paling sesuai dengan produk yang akan dijual. Tak hanya itu, syarat pembayaran pun juga harus ditentukan dengan baik. 

Penentuan harga dan syarat pembayaran juga menjadi langkah penting dalam proses ekspor karena mempengaruhi daya saing produk di pasar internasional serta menentukan kelancaran transaksi bisnis antara eksportir dan importir. 

 

Menerapkan Strategi Promosi

Promosi adalah hal yang sangat penting guna memperkenalkan produk-produk yang siap untuk dijual di pasar global. Perlu ada pengenalan produk guna menggaet kesadaran calon konsumen mengenai kehadiran produk yang dijual. Dalam hal ini, pengusaha juga perlu untuk menyesuaikan strategi promosi dengan karakteristik pasar yang digelutinya.

 

Menyiapkan Dokumen Ekspor

Langkah selanjutnya adalah langkah yang sangat berkaitan dengan pemenuhan syarat kegiatan ekspor jualan ke luar negeri. Hal tersebut yaitu menyiapkan dokumen ekspor. Ada beberapa dokumen yang sangat perlu disiapkan oleh pengusaha guna memenuhi syarat yang berlaku. Apa saja? Berikut adalah dokumen-dokumennya.

 

  1. Packing List

  2. Commercial Invoice,

  3. Dan bukti pembayaran untuk bea keluar.

 

Menjalin Kerjasama Dengan Mitra Lokal

Untuk mendukung perkembangan bisnis jualan ke luar negeri yang dilakukan, menjalin kerja sama dengan mitra lokal adalah salah satu langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Mitra tersebut dapat berupa agen, distributor, dan lainnya. 

Pengusaha perlu mencari dan mengkualifikasikan mitra lokal terbaik dan yang paling berpotensi guna agar pemasaran dapat dilakukan dengan lebih efektif dan tentunya jangkauan pasar akan menjadi lebih luas.

 

Kesimpulan

Merencanakan kegiatan ekspor jualan ke luar negeri adalah hal penting yang harus dilakukan. Dengan rencana kegiatan ekspor, pengusaha dapat mengidentifikasi potensi pasar serta beberapa hal yang berkaitan dengan regulasi yang harus dipenuhi. Sehingga resiko kegagalan, hambatan, kerugian, bahkan bermasalah dengan hukum dapat dihindari.

***

Butuh layanan jasa pengiriman barang dan layanan ekspor impor yang berpengalaman? SIP siap untuk membantu.

Dengan dibantu oleh tenaga ahli ekspor impor serta ahli kepabeanan dari Surya Inti Primakarya, barang Anda akan dikirim secara aman, terpercaya, dan tepat waktu.

Butuh Info lengkapnya? Hubungi Kami.


Your Message Has Been Sent..