logo-navbar

Inbound VS Outbound : Kenali Pengertian dan Manfaatnya

01 MAY 2023

 

 

Logistik merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan bisnis yang berperan penting dalam mempertahankan keberlangsungan bisnis.

 

Jika perusahaan ingin mempertahankan daya saingnya, maka logistik menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. 

 

 

Baca Juga: Cari Tahu Bedanya Logistik Supply Chain Serta Persamaannya

 

 

Dalam aktivitas logistik, ada dua jenis sistem yang selalu mengikuti, yakni inbound dan outbound. Kedua sistem ini memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal pengaturan, manajemen, dan fungsinya. 

 

Yuk, kita bahas apa saja perbedaan inbound vs outbound dalam logistik.

 

 

Inbound Logistics

 

inbound vs outbound

 

pinterest.com

 

Inbound logistics merupakan kegiatan logistik yang terjadi dari pemasok ke gudang perusahaan, yang terdiri dengan penerimaan, penyimpanan, dan pengiriman barang dari pemasok ke gudang.

 

Konsep ini penting dan berpengaruh pada kesuksesan bisnis karena tergantung pada ketersediaan bahan baku yang tepat pada waktu yang tepat.

 

Inbound juga berperan penting dalam mengurangi biaya, meningkatkan kualitas produk, dan mengoptimalkan rantai pasokan. 

 

 

Beberapa Kegiatan Inbound 

 

 

Sumber dan Pengadaan

 

Kegiatan ini dilakukan dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi bahan baku potensial, dilanjutkan dengan penawaran harga, dan mengelola bahan baku.

 

 

Pemesanan

 

Pemesanan dalam inbound dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa bahan baku yang diperlukan tersedia pada waktu yang tepat.

 

Pemesanan harus dilakukan dengan teliti dan sesuai jadwal produksi agar tidak ada keterlambatan dalam pengiriman.

 

 

Transportasi

 

Selanjutnya adalah memilih transportasi pemindahan barang. Apakah melalui darat, udara, atau laut.

 

Dalam hal ini, pertimbangkan waktu yang digunakan, kontrak dengan penyedia layanan jasa dan bekerja sama terkait harga dan rute.

 

 

Penerimaan

 

Aktivitas penerimaan barang dari pemasok, harus diperiksa dengan cermat untuk memastikan kualitas dan jumlahnya sesuai dengan pesanan.

 

 

Penyimpanan

 

Setelah barang diterima, barang akan disimpan dalam gudang. Penyimpanan juga harus dilakukan dengan teliti agar barang tidak rusak atau hilang.

 

Perusahaan harus memastikan bahwa gudang penyimpanan juga harus kondisi baik dan layak sebagai penyimpanan bahan baku.

 

 

Distribusi

 

Setelah itu, aktivitas selanjutnya adalah pengaturan distribusi ke unit produksi. Distribusi harus dilakukan dengan baik demi bahan baku yang diterima tepat waktu dan dalam jumlah yang pas.

 

 

Outbound Logistics

 

inbound vs outbound

 

careertrend.com

 

Outbound logistics merupakan kegiatan logistik yang terjadi dari gudang perusahaan ke pelanggan. Kegiatannya antara lain pengambilan, pengemasan, pengiriman, dan pengembalian barang dari gudang ke pelanggan. 

 

Outbound logistics juga berperan penting dalam memenuhi permintaan pelanggan, mengurangi biaya, dan meningkatkan layanan pelanggan. 

 

 

Beberapa Kegiatan Outbound 

 

inbound vs outbound

 

creativemarket.com

 

 

Pesanan Pelanggan

 

Kegiatan pemesanan barang atau produk dari pelanggan ke perusahaan menjadi aktivitas pertama dalam sistem outbound ini. 

 

 

Pengambilan

 

Pengambilan kemudian dilakukan. Kegiatan ini meliputi pengambilan produk dari gudang perusahaan. Sebelumnya, produk akan diperiksa dengan baik untuk memastikan kualitas dan jumlahnya sesuai pesanan.

 

 

Pengemasan

 

Setelah produk diambil dari gudang, produk akan dikemas. Pengemasan harus dilakukan dengan cermat agar produk tidak rusak selama pengiriman dan sesuai dengan standar kualitas perusahaan.

 

 

Pengiriman

 

Pesanan akan dikirim dari gudang ke pusat distribusi atau kurir. Kemudian, informasi akan disampaikan kepada pelanggan. Produk kemudian dikirim ke pelanggan.

 

Pengiriman dilakukan dengan teliti demi produk yang sampai ke pelanggan tepat waktu dan dalam kondisi yang baik.

 

 

Last-Mile Delivery 

 

Kegiatan ini menandakan pesanan dalam perjalanan dan mil terakhir menuju ke pelanggan. 

 

 

Pengembalian

 

Selanjutnya adalah kegiatan jika produk yang dikirim tidak sesuai, maka pelanggan akan melakukan pengembalian produk ke perusahaan.

 

 

Inbound vs Outbound Logistics

 

Meskipun sama-sama berkaitan dengan kegiatan logiistik. Namun, ada beberapa perbedaan signifikan dari keduanya. Apa saja? 

 

 

Tujuannya

 

Tujuan inbound logistics adalah memastikan ketersediaan bahan baku yang tepat waktu tepat dengan biaya yang efisien.

 

Sementara itu, tujuan utama outbound logistics adalah memastikan ketersediaan produk pada waktu yang tepat dan dengan biaya yang efisien.

 

 

Sumber Barang

 

Inbound melibatkan penerimaan barang dari pemasok, sementara itu, outbound logistics melibatkan pengiriman barang ke pelanggan.

 

 

Kondisi Barang

 

Dalam inbound logistics, perusahaan menerima barang mentah atau bahan baku yang akan diproses lebih lanjut. Kemudian, barang akan disimpan dalam kondisi yang baik dan digunakan untuk proses produksi. 

 

Sementara, dalam outbound logistics, perusahaan mengirimkan produk jadi dan dikirim ke pelanggan dengan kondisi yang baik.

 

 

Pengaturan dan Manajemen

 

Pengaturan dan manajemen inbound berfokus pada pemesanan, penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan baku.

 

Sementara, pengaturan dan manajemen outbound berfokus pada pengambilan, pengemasan, pengiriman, dan pengembalian produk jadi.

 

 

Pengukuran Kinerja

 

Pengukuran kinerja inbound dilakukan dengan mengukur tingkat persediaan, lead time, dan biaya pengadaan bahan baku.

 

Sementara, pengukuran kinerja outbound dilakukan dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan, lead time pengiriman, dan biaya pengiriman.

 

 

Manfaat Inbound Logistic

 

  • Biaya lebih terjangkau

  • Mengatur pasokan bahan baku

  • Proses produksi penjualan lebih lancar

  • Kerjasama vendor lebih kuat

  • Kualitas produk lebih baik

  • Pengiriman tepat waktu

 

 

Manfaat Outbound Logistic

 

  • Menurunkan biaya pengeluaran perusahaan dan pelanggan

  • Kepuasan pelanggan yang lebih tinggi

  • Reputasi perusahaan terjamin

  • Perencanaan bisnis lebih teratur

  • Pengembalian dan pembatalan pesanan lebih berkurang

  • Meminimalisir kesalahan pengiriman dan kerusakan barang

 

 

Kesimpulan 

 

Kegiatan logistik memang menjadi kegiatan yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan bisnis. Itu sebabnya, sistem inbound dan outbound mempengaruhi proses logistik.

 

Kedua sistem ini sejatinya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal pengaturan, manajemen, dan fungsinya. Itu dia pentingnya memahami perbedaan ini agar dapat mengoptimalkan kegiatan logistik dan meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan. 

 

Hal ini akan membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dan sukses di pasar yang semakin ketat dan berubah-ubah.

 

Butuh layanan pengiriman barang maupun pelayanan kepabeanan?

 

Anda bisa mempercayakan layanan dari Surya Inti Primakarya yang siap membantu dan mendukung pengiriman via laut maupun udara. Dengan tim handal yang berpengalaman, pengiriman barang bisa dilakukan dengan lebih aman dan cepat.

 

Tertarik dengan layanan dari Surya Inti Primakarya? Segera untuk Hubungi kami.

 


Your Message Has Been Sent..