Kegiatan ekspor menjadi suatu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan jangkauan pasar suatu bisnis agar menjadi lebih luas. Kegiatan ekspor tidak hanya bisa dilakukan oleh bisnis dengan skala menengah ke atas, namun juga bisa dilakukan oleh mereka dengan bisnis menengah ke bawah seperti UMKM.
Kendati demikian, mengekspor suatu produk ke luar negeri tidaklah sederhana. Terlebih lagi bagi mereka yang masih pemula. Oleh karena itu, jaringan komunitas ekspor menjadi salah satu solusi untuk membantu mereka dalam memulai ekspor untuk bisnis UMKM.
- Mengenal Apa itu Jaringan Komunitas Ekspor
- Manfaat Berpartisipasi di Jaringan Komunitas Ekspor
- 1. Mendapat Pengetahuan atau Informasi baru
- 2. Mendapat Akses ke Pasar Internasional
- 3. Adanya Dukungan Pembiayaan atau Subsidi
- Contoh-Contoh Jaringan Komunitas Ekspor
- 1. UKM Eksportir Indonesia
- 2. Sekolah Ekspor
- 3. Ekspor.Id
- 4. Komunitas Bisa Ekspor
- 5. Akademi Mudah Ekspor
- Kesimpulan
Lalu apa itu jaringan komunitas ekspor? Apa manfaatnya bagi para UMKM? Apa saja contohnya? Dalam ulasan artikel kali ini, kita akan mengulas lebih dalam mengenai apa itu jaringan komunitas ekspor. Yuk kita bahas bersama!
Mengenal Apa itu Jaringan Komunitas Ekspor
Jaringan komunitas ekspor merupakan suatu penyebutan untuk suatu perkumpulan atau komunitas yang beranggotakan para pengusaha dengan visi misi yang sama yakni meningkatkan skala ekspor pada bisnis mereka.
Anggota dari jaringan komunitas ekspor umumnya memiliki keterkaitan atau hubungan sesama dalam memberikan suatu informasi-informasi yang dapat membantu pelaku usaha lain ketika akan melakukan kegiatan ekspor.
Lebih lanjut, tujuan utama dari jaringan ini adalah untuk memperkuat kapasitas ekspor para anggotanya, memfasilitasi akses ke pasar internasional, dan menyediakan sumber daya serta informasi yang diperlukan untuk sukses dalam perdagangan global.
Baca Juga: Cara Menjadi Eksportir Pemula, Ini Dia Cara Mudahnya!
Manfaat Berpartisipasi di Jaringan Komunitas Ekspor
Berpartisipasi di jaringan komunitas ekspor, menjadi suatu pilihan yang bisa dipilih oleh pelaku bisnis UMKM apabila mereka ingin memperluas jangkauan pemasaran mereka. Hal ini karena jaringan komunitas ekspor akan membantu mereka dalam memfasilitasi beberapa kebutuhan untuk mendukung kegiatan ekspor mereka.
Berikut adalah beberapa manfaat dari jaringan komunitas ekspor
1. Mendapat Pengetahuan atau Informasi baru
Manfaat pertama yang didapat oleh para pelaku UMKM yakni akses untuk dapat pengetahuan atau informasi baru, terlebih lagi mereka yang baru pertama kali melakukan kegiatan ekspor. Karena umumnya, anggota jaringan komunitas ekspor akan saling bertukar informasi satu sama lain.
2. Mendapat Akses ke Pasar Internasional
Adapun manfaat lain yang bisa di dapat oleh para pebisnis UMKM ketika mereka berpartisipasi di jaringan komunitas ekspor, yakni mereka akan mendapat akses ke pasar internasional.
Tak jarang, jaringan komunitas ekspor memiliki koneksi dengan para pembeli, distributor, dan agen penjualan di luar negeri, sehingga para pelaku UMKM juga bisa menjalin kerja sama dengan mereka guna memperluas jangkauan pemasaran produk yang dijual.
3. Adanya Dukungan Pembiayaan atau Subsidi
Para UMKM juga bisa merasakan manfaat mengenai dukungan pembiayaan atau subsidi, baik secara langsung maupun sekedar informasi. Dengan begitu, mereka tidak perlu khawatir untuk mencoba memulai ekspor produk mereka ke pasar internasional.
Contoh-Contoh Jaringan Komunitas Ekspor
Setelah memahami apa itu jaringan komunitas ekspor dan manfaatnya, ada beberapa contoh jaringan komunitas ekspor yang bisa para pelaku UMKM pilih untuk mendukung kegiatan ekspor mereka. Berikut adalah contoh-contohnya.
1. UKM Eksportir Indonesia
Contoh jaringan komunitas ekspor yang pertama yakni UKM Eksportir Indonesia. UKM Eksportir Indonesia merupakan jaringan komunitas ekspor yang saat ini sudah berbadan atau menjadi PT serta telah membantu perkembangan pebisnis-pebisnis lokal untuk ekspor produk mereka ke berbagai negara tujuan.
UKM Eksportir Indonesia aktif dalam mengadakan Kopdar atau Kopi Darat dengan merangkul beberapa UMKM Indonesia, workshop, dan juga menyelenggarakan sesi konsultasi bersama para ahli di bidangnya.
2. Sekolah Ekspor
Contoh jaringan komunitas ekspor selanjutnya yakni Sekolah Ekspor. Sekolah Ekspor merupakan jaringan komunitas ekspor yang punya banyak agenda dan bisa diikuti oleh para UMKM yang akan memulai ekspor mereka. Misalnya seperti sekolah ekspor PPI Dunia, Export Startup Matching, dan beberapa program agenda lainnya yang sangat bermanfaat.
Sekolah Ekspor seringkali mengadakan suatu agenda di daerah ICE BSD City, Tangerang. Artinya, lokasi agenda tersebut dapat diakses bagi para UMKM yang berlatar di daerah Jabodetabek.
3. Ekspor.Id
Adapun Ekspor.Id yang juga menjadi salah satu contoh jaringan komunitas ekspor dan juga bisa para UMKM pilih. Ekspor.Id aktif menggelar suatu agenda online yang dinilai sangat memudahkan para eksportir untuk berpartisipasi. Mereka juga tak jarang mengadakan suatu kelas gratis yang bisa diikuti oleh 30 peserta.
Ekspor.Id menjadi platform fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka ke ranah internasional. Karena, Ekspor.Id juga pernah membagikan informasi-informasi seputar regulasi ekspor, sertifikasi produk untuk pelaku UMKM dan informasi lainnya yang berkaitan dengan dunia ekspor.
4. Komunitas Bisa Ekspor
Komunitas Bisa Ekspor juga bisa menjadi salah satu platform jaringan komunitas ekspor yang bisa para UMKM pilih guna membantu mereka dalam memahami seputar kebutuhan ekspor. Platform ini kerap menggelar agenda webinar gratis, konsultasi ekspor lewat DM, hingga penyediaan bantuan modal secara resmi.
5. Akademi Mudah Ekspor
Kemudian, para UMKM juga bisa memanfaatkan platform Akademi Mudah Ekspor untuk membantu mereka menggali informasi lebih dalam terkait kegiatan bisnis ekspor. Banyak program-program bermanfaat bagi para UMKM untuk mendongkrak motivasi dan pemahaman mereka yang ingin memulai ekspor untuk bisnis mereka.
Akademi Mudah Ekspor punya pencapaian terbesar yakni dengan menjadi bagian dari pameran halal terbesar di dunia yang mana pameran tersebut diselenggarakan di negara Malaysia. Mereka juga kerap menggelar suatu agenda webinar yang sangat berkualitas.
Kesimpulan
Bagi Anda yang memiliki bisnis UMKM dan ingin coba menjual produk ke luar negeri, Anda bisa bergabung dengan beberapa jaringan komunitas ekspor. Hal ini dikarenakan jaringan komunitas ekspor punya banyak manfaat yang bisa membantu Anda untuk memulai kegiatan ekspor dan mendukung perkembangan bisnis.
***
Ingin melakukan ekspor dan impor tanpa repot? Anda bisa mengandalkan PT Surya Inti Primakarya. Kamu adalah tenaga profesional dan bermutu yang akan mewujudkan kegiatan ekspor dan impor yang efektif dan efisien. Klik hubungi kami untuk info selengkapnya!