logo-navbar

Loading dan Unloading Barang: Ini Cara Kerja & Perbedaannya

09 JUN 2024

 

Dalam aktivitas logistik barang, istilah loading dan unloading barang sudah jadi hal yang wajib dilakukan demi kelancaran kegiatan operasional dan pergerakan barang atau produk secara cepat dan optimal. 

Untuk lebih memahami loading dan unloading barang serta perbedaannya, yuk baca artikel ini sampai habis ya!

 

 

Loading dan Unloading Barang

 

<a style=Loading dan Unloading Barang" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Loading%20dan%20Unloading%20Barang%202.jpg" style="width:80%" />

 

Loading barang merupakan proses memuat barang dalam transportasi, seperti truk, kapal, atau pesawat, yang kemudian akan dikirim ke lokasi tujuan. Ini menjadi tahap awal dalam pengiriman barang dengan proses mencakup pemuatan, pengangkutan, dan penempatan barang dengan cara yang aman dan efisien. 

 

Baca Juga: Mengenal Proses Pengiriman Barang dalam Dunia Logistik

 

Unloading barang adalah proses menurunkan dan membongkar barang dari transportasi ketika barang sudah sampai tujuan. Proses yang dilakukan seperti pemeriksaan kondisi barang, pemindahan dari kendaraan ke gudang atau lokasi penyimpanan serta pengaturan pengiriman ke alamat tujuan akhir. 

 

 

Manfaat Loading dan Unloading Barang


<a style=Loading dan Unloading Barang" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Loading%20dan%20Unloading%20Barang%203.jpg" style="width:80%" />

 

Efisiensi Waktu

Proses ini membuat pengiriman lebih terorganisir dengan baik, sehingga lebih mempercepat distribusi barang dan lebih hemat waktu operasional dan keamanan transportasi yang digunakan. 

 

Faktor Keamanan 

Penanganan yang benar juga membuat keamanan barang lebih mudah dikontrol, sehingga minim akan kerusakan atau kehilangan selama proses pengirimanan.

 

Optimalisasi Penggunaan Ruang

Pengaturan dan penyimpanan barang akan lebih efisien, sehingga penggunaan ruang penyimpanan dan kapasitas transportasi pengiriman akan lebih maksimal dan tepat guna. 

 

Kepuasan Pelanggan

Proses yang cepat dan aman akan menambah kepuasan pengguna dan meningkatkan loyalitas dan hubungan kerjasama. 

 

 

Jenis Peralatan saat Loading dan Unloading Barang 

 

<a style=Loading dan Unloading Barang" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Loading%20dan%20Unloading%20Barang%204.jpg" style="width:80%" />

 

Forklift yang digunakan untuk mengangkat, mengambil atau menyimpan barang pada ketinggian tertentu. Penggunaan forklift akan memudahkan Anda dalam mengatur barang tersebut. 

Pallet Jack berfungsi untuk memindahkan palet berisi barang. Palet memiliki jenis dan ukuran yang beragam, sehingga akan sulit diangkat dan dipindahkan dengan tenaga manusia. 

 

Crane 

Untuk barang berukuran dan berbobot besar, alat berat ini dapat digunakan khususnya dalam memindahkan barang ke atau ke kapal menuju gudang penyimpanan. 

 

Conveyor Belt

Barang pengiriman tentunya terdiri dari berbagai ukuran dan jumlah yang tidak sedikit. Anda dapat menggunakan conveyor belt saat memindahkan barang secara otomatis dan mudah. 

 

 

Perbedaan Loading dan Unloading

 

<a style=Loading dan Unloading Barang" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Loading%20dan%20Unloading%20Barang%205.jpg" style="width:80%" />

 

Aspek Proses

Pada proses loading, akan lebih fokus pada memuat barang ke transportasi yang digunakan dan mengaturnya dengan baik agar aman selama perjalanan. Sementara unloading berfokus pada menurunkan barang dari armada yang digunakan dan menyimpan barang setelah diperiksa. 

 

Peralatan yang Digunakan

Sejatinya, baik loading dan unloading, sama-sama menggunakan peralatan seperti forklift, conveyor belt, dan sejenisnya. Namun untuk proses unloading lebih ditekankan pada penanganan barang dan persiapan menuju alamat akhir. 

 

Risiko yang Terlibat

Untuk proses loading, risiko bisa terjadi kesalahan penempatan yang bisa membuat kerusakan selama pengiriman muatan. Sementara untuk jenis unloading, risiko kerusakan barang bisa terjadi karena penurunan dari transportasi atau kesalahan penyimpanan di gudang.

 

Tahap Pengiriman

Jenis loading dalam pengiriman dimulai dari penyedia barang hingga masuk ke armada yang akan digunakan untuk pengiriman. Sementara unloading, ada tahap akhir dari proses pengiriman, dari saat kendaraan tiba di tujuan hingga disimpan dan akan disiapkan untuk pengiriman akhir. 

 

 

Kesimpulan

 

Dalam keseluruhan proses logistik, loading dan unloading memainkan peran penting dalam menjaga kelancaran pengiriman barang. Proses yang efisien dan terorganisir, tak hanya memastikan barang sampai dengan selamat, namun mendukung operasi bisnis yang lebih luas.

***

Untuk pebisnis dan UMKM yang ingin melakukan kegiatan ekspor dan impor barang, Anda dapat memanfaatkan jasa layanan impor dan fasilitas Pusat Logistik Berikat dari PT Surya Inti Primakarya.

Ayo tanya-tanya dan hubungi kami.

 


Your Message Has Been Sent..