Perlu diketahui bahwa container freight station atau yang biasa disingkat CFS adalah fasilitas penyimpanan kontainer impor yang masih dalam pengawasan bea cukai dan berstatus container load capacity (LCL). Dimana kontainer LCL adalah kontainer yang berisi barang impor yang dimiliki oleh beberapa pemilik barang.
Walaupun kontainer tersedia dalam berbagai ukuran, tetapi banyak pusat transportasi, termasuk terminal peti kemas, terletak di dekat pelabuhan, di dalam terminal, berdekatan dengan gudang besar, atau di dekat hub rel utama. Lokasi-lokasi ini dibangun untuk kemudahan penanganan oleh truk, kereta api, atau konsumen.
Izin pembongkaran diperlukan sebelum pengemudi truk dapat mengambil kargo. Ini juga memerlukan formulir kepabeanan yang menunjukkan bahwa produk (non) layanan terintegrasi diizinkan untuk diimpor ke negara tersebut. Ada biaya untuk menggunakan layanan ini, tetapi itu tergantung pada ukuran kargo.
Baca Juga: Jasa Pengiriman Barang Ke Luar Negeri
CFS juga merupakan tempat penyimpanan produk impor dan ekspor untuk waktu yang singkat. Hal ini dibuat dengan tujuan menghilangkan kemacetan di pelabuhan dan terminal India. Ide CFS mungkin berasal dari India, tetapi sekarang digunakan di seluruh dunia.
Manfaat Utama dan Tujuan CFS
Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dan tujuan dibentuknya Container Freight Station (CFS) :
-
Integrasi pengiriman LCL ke dalam kontainer yang lebih besar dengan pengiriman dari pelanggan yang sama atau pelanggan lain yang pergi ke wilayah yang sama.
-
Menghilangkan kemacetan di pelabuhan dan terminal.
-
Ini membebaskan Anda dari banyak prosedur bea cukai.
-
Setiap kapal diberi nomor identifikasi unik, sehingga memudahkan pelacakan kargo dan peti kemas.
-
Menjaga data pengapalan termasuk eksportir, importir, nama pialang pabean, informasi pengangkutan, pelabuhan asal dan tujuan, nama pengangkut, nomor lintasan dan masih banyak lagi.
-
Manfaatkan semua keuntungan pengiriman peti kemas, termasuk peningkatan keselamatan kargo, bongkar muat yang cepat dan efektif, bongkar muat kargo, dan pilih peti kemas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
-
Stasiun CFS umumnya berisi zona perdagangan luar negeri (Foreign Trade Zone/FTZ) dan komponen non-FTZ. Ini karena banyak pengirim menggunakan Formulir Pabean 7512 untuk menyimpan barang di dalam dan di luar yurisdiksi US Border Protection (CBP).
Hal ini memungkinkan pengirim untuk menunda pembayaran bea masuk dan pajak sampai barang tersebut digunakan dalam proses manufaktur atau dijual kepada konsumen.
.
Proses Impor dan Ekspor CFS
Untuk pengiriman LCL dan FCL, CFS bekerja untuk menyederhanakan berbagai proses impor dan ekspor sebagai berikut:
Impor :
-
Importir melengkapi kedatangan peti kemas dengan mengajukan Import General Manifest (IGM) di pelabuhan. Ini tentang kargo, eksportir dan importir.
-
Setelah itu, wadah dikirim ke alamat CFS.
-
CFS mengirimkan barang dan mengirimkannya ke agen kliring barang.
-
Bill of Lading : Pemilik kargo atau pengangkutnya menyerahkan tagihan untuk kargo ini. Ketika tugas ini selesai, persetujuan pengiriman dan bea cukai akan dikirim ke pialang pabean.
-
Pabean akan menerbitkan bill of lading yang menunjukkan bahwa kargo memiliki instruksi "di luar biaya".
-
Kargo tersebut kemudian dikirim melalui gate clearance ke importir yang dimiliki oleh kustodian CFS.
-
Dengan bertindak sebagai pemanjang port, CFS membantu mengurangi kemacetan dan menyederhanakan seluruh proses.
Ekspor :
-
Eksportir tiba di CFS dengan produk dan faktur pengiriman.
-
Bongkar item selesai dan penjaga CFS memverifikasi bahwa mereka telah diterima.
-
Petugas bea cukai memulai proses bea cukai barang.
-
Petugas bea cukai memberikan tagihan pengiriman dengan “izinkan pesanan ekspor” setelah proses selesai.
-
Item dalam wadah mulai dimuat oleh CFS.
-
Wadah kedap udara dan dicap dengan label pengenal. Itu dikirim ke port atau terminal untuk diekspor melalui CFS.
Kesimpulan
CFS adalah bagian penting dari rantai pasok yang memindahkan barang antar moda transportasi di dalam sebuah gedung. Baik pengirim dan penyedia layanan logistik eksternal lainnya, serta pelanggan itu sendiri, semuanya bergantung pada operator untuk pengiriman.
Secara umum, CFS ini merupakan suatuterminal pengiriman peti kemas yang dekat dengan pelabuhan utama dan termasuk sebagai pusat distribusi internal.
Bagi yang ingin menggunakan jasa impor atau ekspor dari PT Surya Inti Primakarya, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebagai berikut: fasilitas yang lengkap, konsultasi ekspor gratis dan dibantu oleh tenaga ahli ekspor impor.