Sedang menunggu barang kiriman dengan status "Received on Destination", namun barang belum diterima? Lalu sebenarnya posisi barang ada dimana? daripada bingung, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Pengertian Received on Destination
- Pengertian Received on Destination
- Proses Pengiriman Barang
- Penerimaan
- Pengumpulan dan Pengolahan
- Pengiriman
- Proses di Pusat Sortir
- Pengantaran
- Received on Destination
- Delivered
- Tips Melacak Barang Kiriman dengan Baik
- Simpan Nomor Pelacakan
- Periksa Secara Berkala
- Komunikasi dengan Jasa Pengiriman
- Gunakan Aplikasi Pelacakan
- Perhatikan Tanggal dan Waktu Pengiriman
- Perhatikan Kebijakan Asuransi
- Kesimpulan
Dalam industri logistik atau pengiriman, terutama ketika mengirim paket atau barang melalui jasa pengiriman, istilah "Received on Destination" atau "Diterima di Tujuan" menjadi proses yang terkadang disalah artikan penerima barang.
Istilah ini memang merujuk pada barang kiriman telah sampai ke tujuan akhirnya. Namun, pengiriman memiliki beberapa tahap sebelum barang akhirnya sampai ke tangan penerima di lokasi tujuan akhir.
Baca Juga: Kenali Saluran Distribusi Barang Logistik Hingga Fungsinya
istilah "Received on Destination" atau "Diterima di Tujuan" sendiri adalah status pada barang atau produk kiriman saat sudah tiba di lokasi tujuan. Status ini menunjukkan bahwa barang kiriman sudah berada di tahap akhir sebelum sampai di alamat yang dituju. Status ini penting untuk memberikan kepastian kepada pengirim bahwa barang kiriman telah diterima dengan sukses.
Proses Pengiriman Barang
Untuk lebih memahami konsep Received on Destination ini, Anda harus mengetahui beberapa tahapan dalam proses pengiriman barang. Diantaranya :
Penerimaan
Pengirim menyerahkan barang kiriman kepada jasa pengiriman yang digunakan. Pengirim akan menerima tanda bukti pengiriman, seperti nomor pelacakan atau resi pengiriman.
Pengumpulan dan Pengolahan
Pihak jasa pengiriman kemudian mengumpulkan barang dari berbagai pengirim dan melakukan proses pengolahan, seperti memilih, mengepak dan mencetak label pengiriman sesuai tujuan lokasi barang di kirim.
Pengiriman
Dalam proses ini, barang akan dikirim melalui moda transportasi yang sesuai, bisa melalui jalur darat, laut dan udara. Selama proses pengiriman, status barang dapat dicek atau dilacak pengirim atau penerima barang nantinya.
Proses di Pusat Sortir
Selanjutnya, barang akan sampai di gudang dan akan diproses di pusat sortir untuk pengelompokan dan pengiriman lebih lanjut ke wilayah yang tepat.
Pengantaran
Setelah disortir, barang kemudian dikirimkan oleh kurir menuju alamat tujuan. Pada tahap ini, penerima akan menandatangani bukti penerimaan.
Received on Destination
Selanjutnya, barang kiriman akan tiba di wilayah tujuan dengan status received on destination. Dalam hal ini, bisa diartikan jika barang sudah sampai di lokasi tujuan, bukan ke alamat penerima. Jadi, jangan langsung overthinking saat barang dengan status demikian belum juga sampai di tangan Anda.
Delivered
Untuk tahap yang satu ini, barulah penerima akan menerima barang yang kemudian dikonfirmasi kepada pengirim bahwa barang telah diterima.
Tips Melacak Barang Kiriman dengan Baik
Untuk membantu melacak barang kiriman dengan baik dan memastikan barang sampai tepat waktu, Anda boleh mengikuti tips di bawah ini!
Simpan Nomor Pelacakan
Simpan nomor pelacakan atau resi pengiriman dari jasa pengiriman. Alasannya adalah bahwa nomor ini memungkinkan Anda untuk melacak status barang secara online.
Periksa Secara Berkala
Anda dapat melakukan pemeriksaan secara berkala lewat situs web atau aplikasi jasa pengiriman. Periksa posisi barang dimana, dan estimasi barang sampai ke tujuan akhir. Dengan memantau status pengiriman, Anda dapat mengidentifikasi perkembangan terkini barang kiriman Anda.
Komunikasi dengan Jasa Pengiriman
Jika sekiranya Anda bingung dan punya pertanyaan terkait barang yang dikirim, jangan ragu menghubungi pusat layanan jasa pengiriman yang Anda gunakan. Sudah selayaknya mereka memberikan informasi terkini dan membantu Anda.
Gunakan Aplikasi Pelacakan
Saat ini, aplikasi pelacakan sudah umum diterapkan banyak jasa pengiriman. Hal ini akan memudahkan Anda melakukan pengecekan terhadap barang kiriman secara langsung melalui ponsel pintar. Jadi lebih mudah untuk memantau barang kiriman bukan?
Perhatikan Tanggal dan Waktu Pengiriman
Anda juga harus mengetahui estimasi tanggal dan waktu pengiriman oleh jasa pengiriman. Hal ini akan membantu Anda jika terjadi masalah, seperti ketidaksesuaian waktu atau adanya hambatan internal yang membuat status barang tak kunjung ada pembaruan.
Perhatikan Kebijakan Asuransi
Jika Anda mengirim barang berharga, selalu cek kebijakan asuransi yang ditawarkan. Ini akan memberikan perlindungan tambahan jika terjadi masalah kehilangan atau rusak selama proses pengiriman.
Kesimpulan
Itu dia pembahasan seputar istilah Received on Destination dalam proses pengiriman barang. Anda juga dapat mengikuti tips di atas, agar lebih paham melacak barang kiriman dengan baik dan memastikan barang sampai di tujuan dengan aman.
Melacak status pengiriman secara aktif akan memberikan ketenangan pikiran dan memungkinkan Anda mengambil tindakan dengan cepat jika terjadi masalah.
Sedang butuh jasa kepabeanan dan pengiriman barang terpercaya? Surya Inti Primakarya jawabannya. PT Surya Inti Primakarya (SIP) siap menjadi partner Anda dalam pelayanan kepabeanan dengan proses lebih aman dan cepat.
Butuh info lebih lanjut? Segera untuk hubungi kami disini.