Dalam dunia logistik atau ekspor impor, terdapat banyak istilah yang digunakan. Salah satunya Switch Bill of Lading.
Sayangnya, banyak yang masih salah dalam memahami Switch Bill of Lading dan Bill of Lading. Kedua istilah ini memang berkaitan namun memiliki pengertian yang berbeda.
Switch Bill of Lading sendiri merupakan dokumen penting dalam proses pengiriman barang internasional. Dokumen ini memungkinkan perubahan penerima barang yang awalnya dituju ke sebuah negara tertentu menjadi negara lain.
Baca Juga: Cari Tahu Perbedaan Pengiriman Barang Ltl dan Ftl
Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Switch Bill of Lading secara lebih detail.
Apa Itu Switch Bill of Lading?
Switch Bill of Lading atau disebut juga "Switch B/L" adalah dokumen pengiriman barang yang memungkinkan perubahan dan kerahasiaan penerima barang. Dokumen ini berfungsi sebagai bukti kepemilikan atas barang yang dikirim dan memberikan hak untuk menerima barang tersebut kepada pihak yang tertera dalam dokumen tersebut.
Menurut Andi Susilo, 2013, Switch Bill of Lading merupakan dokumen Bill of lading yang dikeluarkan pihak perusahaan jasa di Negara ketiga atas permintaan pembeli untuk menerbitkan bill of lading yang baru dengan perubahan nama pembeli, consignee, atau notify party yang ada pada bill of lading.
Bisa dikatakan jika Switch Bill of Lading adalah dokumen yang dibuat setelah Bill of Lading (B/L) asli diterbitkan. B/L asli menjadi dokumen yang diterbitkan oleh kapal atau maskapai pengangkut barang sebagai bukti pengiriman barang dari satu negara ke negara lain.
Ketika terjadi perubahan penerima barang atau rute pengiriman, Switch Bill of Lading akan diterbitkan oleh pihak yang mengeluarkan B/L asli. Dokumen tersebut berisi informasi yang sama dengan B/L asli, seperti nama pengirim, penerima, jenis barang, jumlah dan tanggal pengiriman. Tapi, pada Switch B/L akan terdapat perubahan pada penerima barang.
Switch Bill of Lading biasanya diterbitkan oleh perusahaan ekspedisi atau agen pengiriman barang. Dokumen ini diterbitkan setelah adanya perjanjian antara pihak pengirim, penerima, dan agen pengiriman barang.
Alasan Penggunaan Switch Bill of Lading
Dalam pengiriman barang internasional, dokumen ini sangat penting karena dapat digunakan juga dalam mengubah rute pengiriman atau perubahan penerima barang yang awalnya dituju ke negara tertentu, dialihkan ke negara lain.
Penggunaan Switch B/L terjadi karena trader tidak ingin pembeli tahu alamat penjual, dan nama penjual diganti dengan nama trader dalam dokumen B/Lnya, atau terjadi perubahan rencana pengiriman yang disepakati sebelumnya.
Alasan lainnya adalah adanya perubahan kondisi perdagangan yang menjadikan penjual tidak ingin nama perusahaan jasa yang digunakan diketahui penerima barang, karena sudah ada kesepakatan sebelumnya. Penjual yang ingin merahasiakan negara asal barang dari pembeli sehingga bekerjasama dengan pihak jasa pengirim juga dapat menggunakan dokumen ini.
Proses Penerbitan Switch Bill of Lading
Proses penerbitan Switch B/L dilakukan setelah B/L asli diterbitkan. Pihak pengirim dan penerima akan menandatangani kontrak pengiriman barang dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kontrak ini akan berisi perubahan penerima barang atau rute pengiriman sesuai yang disepakati.
Setelah kontrak pengiriman disepakati bersama, pihak pengirim akan bekerjasama dengan agen pengiriman barang untuk pembuatan Switch Bill of Lading. Pihak jasa tersebut akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, terkait perubahan yang diinginkan.
Jika dapat dilakukan, pihak agen atau jasa pengiriman akan menerbitkan dokumen Switch B/L yang berisi perubahan penerima barang atau rute pengiriman. Setelah itu, dokumen dikirim ke pihak pengirim dan penerima.
Manfaat Switch Bill of Lading
pexels.com
Lebih Fleksibel
Dokumen ini lebih fleksibel dalam pengiriman barang internasional, karena adanya kemungkinan perubahan penerima atau rute pengiriman sesuai kesepakatan. Dengan menggunakan Switch Bill of Lading, pihak pengirim dapat menyesuaikan pengiriman barang sesuai kebutuhan dan perubahan yang terjadi.
Menghindari keterlambatan pengiriman
Dalam pengiriman barang secara internasional, keterlambatan barang kerap menjadi masalah, dengan berbagai kendala seperti faktor cuaca dan masalah teknis lainnya. Dokumen ini memungkinkan perubahan rute pengiriman yang lebih baik terkait perubahan keterlambatan pengiriman barang.
Menekan biaya pengiriman
Dokumen ini juga dapat menekan pengurangan biaya pengiriman barang. Dokumen ini memungkinkan pihak pengirim memilih rute pengiriman yang lebih murah dan efisien. Tentunya membantu dalam mengurangi biaya pengiriman.
Meningkatkan keamanan pengiriman
Dokumen ini juga dapat menambah keamanan pengiriman barang. Dokumen ini dapat membantu pihak pengirim untuk mengatur pengiriman dengan rute yang lebih aman. Hal ini dapat membantu mencegah risiko kerusakan atau kehilangan barang selama masa pengiriman.
Kesimpulan
Switch Bill of Lading tentunya penting dipersiapkan sebagai dokumen penting dalam pengiriman barang internasional yang memungkinkan perubahan penerima barang atau rute pengiriman. Dokumen ini diterbitkan setelah B/L asli ada oleh perusahaan ekspedisi atau agen pengiriman barang.
Dengan Switch Bill of Lading ini, pengiriman barang lebih fleksibel dan memudahkan proses pengiriman barang untuk memastikan kelancaran bisnis Anda.
Butuh jasa kepabeanan yang terpercaya? Surya Inti Primakarya siap menjadi partner terpercaya Anda dalam pelayanan jasa pengiriman barang.
Dengan pengiriman barang yang bisa dilakukan via jalur laut ataupun udara, tim profesional yang sudah berpengalaman siap membantu aktivitas bisnis Anda.
Tanya-tanya terkait layanan SIP? Silahkan hubungi kami Disini.