logo-navbar

Cari Tahu 6 Solusi Masalah Pengiriman Barang Ekspor Impor

12 NOV 2023

 

Ekspor dan impor menjadi nyawa dalam perdagangan internasional yang menggerakkan perekonomian global. Miliaran dolar barang dan jasa dihasilkan dari kegiatan jual beli, dan tentunya pengiriman barang jadi kunci kesuksesan aktivitas ini. 

 

Namun, pengiriman barang dalam konteks ekspor dan impor bukan tidak pernah mengalami hambatan. Ada berbagai masalah yang bisa menghambat perdagangan internasional. 

 

Apa saja? Ini beberapa masalah umum pengiriman ekspor-impor dan solusi yang bisa Anda terapkan. 

 

 

Beberapa Masalah dan Solusi Pengiriman Barang

 

masalah pengiriman

 

Masalah Kustoms dan Dokumentasi

Salah satu masalah paling umum yang terjadi dalam proses perdagangan ekspor-impor adalah peraturan kustoms yang kompleks serta persyaratan dokumentasi yang ketat. Setiap negara pasti mempunyai aturan dan regulasi masing-masing, dan kesalahan dalam dokumen atau pengisian formulir kustoms bisa menyebabkan penundaan pengiriman atau bahkan penahanan barang.

 

Solusi

Sebagai jalan keluar, pihak perusahaan yang terlibat wajib memastikan bahwa mereka memahami persyaratan kustoms dan dokumentasi antar negara. Anda dapat memanfaatkan perangkat lunak untuk memastikan isi yang tepat dengan peraturan kustoms yang berlaku. Hal ini juga akan mengurangi risiko kesalahan dokumentasi.

 

masalah pengiriman

 

Logistik dan Transportasi

Pengiriman barang dari satu kawasan ke kawasan lain tentunya membutuhkan perencanaan logistik yang tidak sederhana. Salah menjalankan proses, bisa mengakibatkan masalah, seperti penundaan pengiriman, kerusakan barang selama pengiriman hingga biaya transportasi yang tinggi.

 

Solusi 

Penjual atau pemilik bisnis dapat mengurangi risiko masalah ini, dengan bekerja sama bersama penyedia logistik terpercaya. Penggunaan teknologi seperti IoT (Internet of Things) dimanfaatkan untuk memantau barang selama pengiriman. Selain itu, pemilihan rute pengiriman yang optimal dapat mengurangi biaya transportasi.

 

Fluktuasi Mata Uang

Fluktuasi mata uang juga jadi masalah umum dalam ekspor-impor. Perubahan tiba-tiba dalam nilai tukar mata uang akan menyebabkan kerugiaan, seperti munculnya biaya tak terduga atau kehilangan daya saing.

 

Solusi

Anda selaku pebisnis dapat menggunakan instrumen keuangan, seperti kontrak berjangka mata uang untuk menjaga diri dari hal yang merugikan ini. Perusahaan juga dapat mempertimbangkan diversifikasi pasar dan mata uang tujuan untuk mengurangi risiko ini.

 

masalah pengiriman

 

Peraturan Perdagangan Internasional

Aturan sehubungan perdagangan global sangat mungkin berubah cepat dan tidak terduga, seperti tarif impor atau pembatasan barang dagang dengan aturan baru yang diterapkan oleh pemerintah negara tertentu.

 

Solusi

Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan perlu tetap mengikuti perkembangan peraturan perdagangan internasional. Kerjasama yang kuat dengan lembaga perdagangan internasional akan membantu untuk mendapatkan info terbaru sehubungan perubahan kebijakan yang potensial. Perusahaan juga dapat mencari alternatif pasar jika terjadi perubahan drastis dalam aturan perdagangan internasional. 

 

Masalah Kualitas dan Keamanan Barang

Mendapatkan barang yang rusak atau tidak sesuai dengan standar kualitas dan keamanan, dapat menyebabkan masalah serius dalam kegiatan ekspor-impor, seperti retur barang, kerugian finansial, dan kerusakan citra merek.

 

Solusi

Perusahaan wajib memastikan jika barang yang akan dikirim harus memenuhi standar kualitas dan keamanan sesuai negara tujuan. Dengan pengawasan ketat dan kontrol mutu sebelum pengiriman dapat mencegah terjadinya masalah ini. Selain itu, memilih mitra bisnis yang tepat dan memahami standar kualitas akan menjadi solusi paling benar akan masalah ini. 

 

Bencana Alam

Keamanan dan risiko sehubungan bencana alam nyatanya dapat menjadi masalah penting dalam pengiriman barang. Bencana alam seperti badai, gempa bumi, atau banjir bisa mempengaruhi pengiriman barang dan jika terhambat pastinya akan menimbulkan kerugian yang signifikan.

 

Solusi

Dalam mengatasi pengiriman yang satu ini, perusahaan harus memikirkan rencana lain jika kemungkinan mengalami risiko bencana alam. Seperti mempersiapkan asuransi kargo, pemantauan cuaca dan perencanaan rute yang pas. Selain itu, mempersiapkan stok cadangan di tempat tujuan juga dapat membantu mengatasi penundaan yang disebabkan oleh bencana alam.

 

masalah pengiriman

 

 

 

Penutup

 

Dalam era globalisasi yang semakin cepat, keberhasilan dalam ekspor-impor bergantung pada kemampuan untuk mengatasi tantangan pengiriman barang. Dengan pemahaman yang mendalam tentang masalah yang mungkin muncul dan penerapan solusi yang tepat, perusahaan dapat meminimalkan risiko dan meningkatkan kesuksesan dalam perdagangan internasional. 

 

Dalam upaya ini, kerja sama yang kuat antara pemerintah, perusahaan, dan lembaga perdagangan internasional berperan penting dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengiriman barang ekspor-impor.

 

Butuh jasa pengiriman barang dan pelayanan kepabeanan terpercaya dan berpengalaman? 

 

Bersama tim profesional, Surya Inti Primakarya siap membantu pengiriman melalui laut dan udara. 

 

Segera Hubungi kami.

 


Your Message Has Been Sent..