logo-navbar

Apa Itu Kapal Kargo dan Fungsinya? Ini Penjelasannya!

10 MAR 2023

 

Pengiriman barang dari jalur laut menjadi salah satu pengiriman yang paling disukai para pelaku bisnis internasional. Alasannya adalah jalur ini punya kelebihan yang menguntungkan. 

 

Selain jangkauannya yang lebih luas, ekspedisi jalur laut juga memudahkan para pebisnis karena pengiriman barang lewat kapal cargo, bisa menekan biaya namun dapat mengangkut barang yang lebih banyak. Estimasi barang sampai juga bisa diprediksi dengan baik. 

 

Baca Juga: Ini Tips Jitu Pengiriman Barang Ekspor

 

Pengiriman dengan kapal kargo juga membebaskan barang kiriman, dengan catatan dokumen barang lengkap dan bukan ilegal. Barang yang diangkut bisa juga dalam bentuk cairan, yang jelas sesuai dengan ketentuan perdagangan Internasional. 

 

 

Lalu Apa Sebenarnya Kapal Kargo?

 

Kapal Kargo

 

splash247.com

 

Kapal kargo adalah kapal yang dapat membawa banyak barang dengan menggunakan truk kontainer dan memiliki ukuran yang sangat besar.

 

Kapal kargo memiliki fungsi sebagai pengantar barang dari suatu negara atau wilayah ke wilayah lainya lewat jalur laut. Biasanya kapal akan dilengkapi dengan peralatan memindahkan, mengangkat, hingga menurunkan barang. 

 

Jadi, jika pengiriman barang dilakukan dalam jumlah yang banyak dengan ukuran yang besar, lebih baik menggunakan kapal kargo. Tentunya lebih efektif daripada dengan pengiriman lewat udara atau air flight Shiping. 


 

Mengenal Jenis Kapal Kargo 

 

Kapal Kargo

 

twitter.com

 

 

Kapal Kargo Curah

 

Jenis kapal yang satu ini adalah kapal angkut dengan jumlah terbanyak di dunia. Fungsi Bulk Carrier, nama lain kargo curah adalah mengangkut atau membawa kargo curah diantaranya batu bara, biji besi, biji tanaman, mineral serta bahan mentah atau hasil bumi lainnya. 

 

Akan tetapi, kapan ini hanya dapat membawa satu jenis kargo saja karena merupakan tipe single decker, sehingga tidak dapat membawa kontainer di dalamnya.

 

 

Kapal Kargo Umum

 

Jenis selanjutnya adalah kapal kargo umum yang dapat menampung atau membawa kargo karung, kargo curah, serta kontainer. Memiliki kapasitas dari 5.000 dwt hingga 25.000 dwt. 

 

Kapal kargo umum ini juga terdiri dari dua buah deck. Berbeda dengan jenis curah, dimana kapal ini sangat multifungsi karena dapat menampung dan membawa beragam jenis muatan.

 

 

Kapal Container

 

Kapal kontainer merupakan kapal dengan fungsi utama menampung berbagai ukuran peti kemas. Jadi kegunaan kapal ini adalah memindahkan peti kemas dengan muatan yang tidak hanya satu jenis saja, dari satu negara ke negara lain. 


 

Kapal Tanker

 

Kapal Kargo

 

gcaptain.com

 

Untuk yang satu ini, berfungsi untuk mengangkut jenis minyak atau beberapa material lainnya. 

 

Kapal tanker dirancang dengan sistem keselamatan tinggi untuk keselamatan para awak kapal dan bahan material yang dibawa. 

 

Kapal tanker biasanya membawa minyak dalam bentuk mentah ataupun sudah diproses. Terkadang membawa bahan atau material kimia, seperti metanol, Sida kaustik dan lainnya. 

 

 

Kesimpulan 

 

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai kapal kargo, mulai dari pengertian, fungsi hingga jenis kapal yang digunakan sesuai kegunaannya. 

 

Semoga artikel di atas membantu Anda dalam memahami pengiriman barang lewat jalur laut ya.

 

Surya Inti Primakarya akan membantu Anda dalam memahami pelayanan kepabeanan. Pengiriman lewat jalur laut dan udara semakin mudah bersama tim profesional dan handal. 

 


Your Message Has Been Sent..