logo-navbar

Ini Biaya Tersembunyi dari Kerusakan Pengiriman yang Wajib Anda Ketahui

11 JAN 2025

Berapa biaya kerusakan pada pengiriman? Pernahkah Anda memikirkan hal ini? 

Kerusakan saat pengiriman memang sangat bisa terjadi, dan berdampak besar pada seluruh proses pengiriman dan mengakibatkan kerugian bagi bisnis Anda. Pasalnya, biaya penggantian produk bisa lebih tinggi daripada biaya pembeliannya. 

Lalu, seperti apa biaya tersembunyi dan hal penting yang harus diperhatikan saat barang kiriman rusak? Mari pahami dalam artikel berikut ini. 

 

 

Apa Itu Biaya Tersembunyi?

 

 

Biaya tersembunyi dapat diartikan sebagai biaya tambahan yang sebelumnya tidak ada di awal proses pengiriman dilakukan. Biaya jenis ini bisa dibebankan pada konsumen dalam pembelian barang online, seperti biaya administrasi, biaya keamanan hingga biaya saat terjadi kerusakan barang.

 

 

Biaya Langsung Barang Rusak

 

Saat paket atau barang rusak, jasa pengiriman atau pihak tertentu sesuai kontrak akan bertanggung jawab dengan menanggung kerugian finansial, termasuk biaya tambahan yang ada karena harus mengganti atau memperbaiki barang tersebut, menangani pengembalian, dan mungkin memberikan kompensasi tambahan kepada pelanggan. 

Hal ini bisa berlaku pada produk farmasi atau elektronik konsumen, atau barang-barang bernilai tinggi, dan biaya ini berdampak besar pada keuntungan pada bisnis.

 

 

Biaya Tidak Langsung pada Kerusakan Barang 

 

Selain biaya tambahan langsung yang timbul akibat kerusakan barang, terkadang ada juga biaya tambahan tidak langsung yang dapat mempengaruhi bisnis lanjut.

Saat produk rusak, premi asuransi bisa naik, dan terkadang perusahaan harus mengeluarkan budget tambahan untuk tenaga lebih dalam menangani pengembalian dan penggantian. Pastinya ini juga akan berpengaruh pada nilai penjualan yang hilang, yang biasanya juga merusak reputasi perusahaan.

Seolah ini belum cukup, kerusakan pengiriman juga secara tidak langsung mempengaruhi proses logistik lainnya karena menyebabkan penundaan, tenggat waktu yang terlewat, penarikan kembali produk, dan lainnya. 

Tentunya ini juga akan menyebabkan konsekuensi pada potensi kerugian bagi reputasi bisnis. Barang yang rusak berarti pelanggan akan kehilangan kepercayaan pada produk dan pengiriman yang digunakan. 

 

Biaya-Biaya Lain

 

 

Berikut beberapa pertimbangan lain yang mempengaruhi perhitungan pada biaya tersembunyi karena kerusakan pada barang kiriman, yakni:

 

Biaya Logistik 

Biaya logistik dan administrasi wajib dipertimbangkan. Anda akan perlu menangani dan menyertakan berbagai dokumen tambahan sebagai detail laporan kejadian, termasuk dalam pengajuan klaim asuransi.

 

Biaya penyimpanan dan pembuangan

Selanjutnya adalah kebijakan terkait biaya pengembalian barang yang rusak, atau penyimpanan produk setelah barang sampai hingga nanti jika pada akhirnya dibuang. Biaya ini menjadi salah satu penyebab kerugian pada suatu bisnis. 

 

Biaya Perbaikan

Beberapa pemilik usaha memilih untuk memperbaiki barang yang dikembalikan. Namun, hal itu memerlukan biaya tenaga kerja dan perbaikan. Selain itu, meskipun perusahaan mungkin mendapat untung setelah menjual produk yang diperbaiki, keuntungannya tidak akan sebesar jika produk masih baru.

 

 

Tips Mengurangi Kerusakan Barang Pengiriman

 

 

Berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan:

- Pastikan barang dikemas dengan benar dan dilindungi dengan bahan pengemasan yang tepat menjadi kunci utama. Khususnya barang elektronik dan barang yang mudah pecah. 

- Periksa ulang apakah gudang penyimpanan barang sudah aman dan barang tertata rapi. Apakah mereka juga menyediakan pergudangan khusus untuk barang-barang yang perlu perawatan khusus seperti kebutuhan suhu tertentu. 

- Terapkan protokol penanganan yang lebih baik agar barang-barang kiriman ditangani dengan tepat, termasuk tim pekerja terlatih. 

- Gunakan pemantauan dengan sistem canggih yang memungkinkan Anda memantau dan melacak apa yang terjadi dengan barang-barang kiriman. Ini sangat membantu mencegah dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

- Bekerjasama dengan jasa logistik terbaik. Di SIP, kami memahami tantangan pengiriman barang cukup kompleks. Itu sebabnya, kami selalu memastikan barang ditangani dengan hati-hati. 

 

***

 

Menawarkan solusi logistik yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda sehingga bersama-sama kita dapat meminimalkan risiko kerusakan produk.

Bersama Surya Inti Primakarya, kami siap  melayani jasa pengiriman barang ekspor impor dengan ahli kepabeanan.

Segera, hubungi kami!


Your Message Has Been Sent..