Terkadang ketika produk sudah selesai diproduksi dan sudah berstandar nasional, produk tersebut belum bisa langsung diekspor karena terdapat satu kendala. Kendala tersebut yaitu belum ada buyer yang membeli barang atau produk tersebut.
Buyer sendiri merupakan salah satu aspek terbesar dan paling berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan dalam melakukan kegiatan ekspor. Perusahaan tidak akan bisa menembus dunia perdagangan internasional apabila tidak ada peran buyer.
Oleh karena itu, perusahaan perlu memahami dan melakukan berbagai cara dalam menemukan buyer untuk kelancaran bisnis ekspornya. Artikel ini akan mengulas tentang bagaimana cara menemukan buyer untuk kegiatan ekspor yang mudah. Perlu bagi Anda untuk menyimak pembahasan artikel ini hingga tuntas ya!.
Baca Juga: Ini Penjelasan Lengkap Seputar Larangan Ekspor CPO
Cara Menemukan Buyer
Cara Menemukan Buyer Ekspor" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Cara%20Menemukan%20Buyer%20Ekspor%202.jpg" style="width:80%" />
istockphoto.com
Pada umumnya, terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan buyer. Cara tersebut dapat Anda lakukan secara online dan offline. Simak penjelasan lengkap cara menemukan buyer secara online dan offline.
Menemukan Buyer dengan Cara Online
Untuk menemukan buyer, Anda dapat melakukannya dengan cara online. Seperti membuka toko online, beriklan di media sosial, dan lain-lain. Simak penjelasan detailnya berikut ini.
-
Membuka Toko Berbasis Online dengan Ranah Internasional
Salah satu cara yang umum dilakukan banyak perusahaan untuk menemukan buyer yaitu dengan membuka toko berbasis online dengan ranah internasional. Toko online ini dapat Anda terapkan dengan basis B2B atau business to business. Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat memperkenalkan produk andalan dan berpotensi untuk menjangkau buyer di pasar internasional.
Cara Menemukan Buyer Ekspor" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Cara%20Menemukan%20Buyer%20Ekspor%203.jpg" style="width:80%" />
istockphoto.com
-
Mengiklankan Produk Perusahaan
Selain membuka toko berbasis online, Anda juga harus melakukan cara untuk mendukung perkembangan toko online Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu mengiklankan produk perusahaan melalui media sosial. Dengan beriklan di media sosial, pasar akan lebih mudah terjangkau karena pesan informasi perusahaan tersebar secara luas. Contoh cara Iklan yang dapat Anda terapkan diantaranya yaitu, instagram ads, facebook ads, Tiktok, Twitter atau X, dan Youtube Ads, serta Google Ads.
-
Menggunakan Website Berbahasa Inggris
Perusahaan juga membutuhkan website untuk memperkenalkan profil dan produk. Anda dapat membuat website dengan menggunakan bahasa inggris sebagai media untuk mencari buyer. Penggunaan bahasa inggris ini dikarenakan, bahasa inggris merupakan bahasa internasional.
Anda perlu membuat konten-konten website dengan penyampaian informasi yang sederhana dan mudah dimengerti oleh buyer. Isi dari website tersebut dapat berupa profil perusahaan, deskripsi, spesifikasi produk unggulan, dan lain-lain.
-
Menghasilkan Artikel Berorientasi (SEO)
Dengan membuat artikel yang berorientasi pada SEO, Anda dapat menarik calon buyer karena adanya informasi yang lebih jelas dan lengkap terkait profil perusahaan, keunggulan, dan kualitas produk yang ditawarkan.
Sebaiknya konten artikel advertorial didasarkan pada prinsip SEO. Hal ini dikarenakan konten yang dioptimalkan untuk SEO memiliki potensi lebih tinggi untuk diindeks dan ditampilkan di halaman pertama oleh mesin pencari. Dengan cara ini, peluang bagi calon pembeli untuk mengunjungi situs web kami dan menemukan informasi tentang produk unggulan kita akan meningkat secara signifikan.
Cara Menemukan Buyer Ekspor" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Cara%20Menemukan%20Buyer%20Ekspor%204.jpg" style="width:80%" />
Istockphoto.com
Menemukan Buyer dengan Cara Offline
Cara Menemukan Buyer Ekspor" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Cara%20Menemukan%20Buyer%20Ekspor%205.jpg" style="width:80%" />
istockphoto.com
Adapun beberapa langkah yang dapat Anda terapkan dengan menggunakan cara offline dalam menemukan buyer untuk kelancaran aktivitas ekspor. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
-
Berpartisipasi dalam Program Pemerintah
Untuk mencari cara dalam menemukan buyer, Anda dapat mengikuti program-program pemerintah seperti pelatihan ekspor. Program ini merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam mengembangkan kegiatan ekspor dengan membentuk lembaga Pusat Pelatihan Sumber Daya Ekspor dan Jasa Perdagangan atau PPEJP dan Indonesian Trade Promotion Center atau ITPC.
Kedua institusi yang berada di bawah pengawasan Kementerian Perdagangan sering mengadakan pelatihan dan seminar terkait aspek-aspek ekspor, mulai dari prosedur, dokumen, proses klirens bea cukai, pengiriman barang, hingga transaksi pembayaran ekspor.
-
Berpartisipasi dalam Ajang Pameran Dagang Internasional
Pameran dagang internasional dapat Anda jadikan sebagai kendaraan perusahaan dalam menarik minat buyer untuk membeli produk yang sudah Anda produksi dan siap untuk diekspor.
Hal ini dikarenakan calon buyer dapat melihat langsung produk-produk unggulan yang perusahaan Anda tawarkan. Untuk berpartisipasi dalam ajang pameran ini, Anda harus aktif mencari informasi terkait penyelenggaraan seperti waktu ataupun tempatnya.
Kesimpulan
Buyer menjadi faktor terpenting yang berpengaruh langsung terhadap kelancaran dan kesuksesan ekspor perusahaan Anda. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menarik perhatian dan minat buyer untuk membeli barang atau produk yang sudah diproduksi dan berstandar internasional. Cara-cara tersebut dapat Anda lakukan secara online dan offline.
Semoga ulasan artikel ini dapat bermanfaat ya!.
***
PT. Surya Inti Primakarya hadir dan siap untuk membantu dan mendukung kelancaran aktivitas pengiriman barang dan ekspor impor Anda.
Dengan dibantu tangan-tangan ahli ekspor impor serta layanan kepabeanan berkompeten, SIP akan mengirim barang Anda secara aman, terpercaya, dan tepat waktu.
Segera Hubungi Kami untuk Informasi selengkapnya!