logo-navbar

Mengenal Dispatched, Ini Fungsi dan Jenis-Jenisnya

04 APR 2024

Dispatched mengacu pada istilah pergudangan dan pengiriman logistik. Dalam konteks umum, istilah ini menjadi suatu bagian perencanaan dan tindakan mengirimkan atau mengalokasikan sumber daya untuk menangani suatu kegiatan produksi. 

Mari kita bahas selengkapnya mengenai dispatch dan tugas-tugasnya!

 

Pengertian Dispatched

Dispatched

istockphoto.com

Dispatched dapat diartikan sebagai kegiatan mengirimkan atau mengalokasikan sesuatu, seperti barang atau sumber daya, ke lokasi yang ditentukan sesuai instruksi yang sudah direncanakan. 

Dalam konteks yang lebih luas, dispatched juga bisa dimaknai sebagai aktivitas pengendalian produksi yang mencakup proses pengaturan bahan baku, perlengkapan hingga sumber daya manusia yang mengatur dan bertanggung jawab. 

Ini menjadikan istilah ini merupakan proses penting yang melibatkan identifikasi kebutuhan, alokasi sumber daya yang sesuai, dan pengiriman efisien.

 

Fungsi dan Manfaat Dispatched

Dispatched

istockphoto.com

Manajemen Tugas

Istilah ini dapat membantu mengatur manajemen tugas dalam gudang dan pengiriman secara efisien. Hal ini memastikan bahwa setiap tugas ditangani oleh pihak yang bertanggung jawab sesuai dengan alur yang sudah ditentukan. 

Stok Barang Terdata dengan Baik 

Dengan proses produksi yang berjalan dengan baik, akan membuat pengelolaan lebih optimal. Stok barang akan didata dengan tepat tanpa kekurangan atau kelebihan stok. 

Efisiensi Operasional

Dengan alur dispatched yang tepat, pebisnis atau perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka. Sehingga memudahkan respon cepat terhadap permintaan atau situasi yang muncul, menghindari penundaan dengan memaksimalkan waktu pengiriman.  

Alur Kerja yang Jelas 

Pihak yang terkait dalam kegiatan dispatch pastinya akan mempersiapkan segala keperluan dalam proses dispatched, seperti memeriksa stok dan ketersediaan alat produksi, menerbitkan surat kerja, bekerjasama dengan departemen lain dalam produksi hingga tindakan produksi dan pengiriman. 

Layanan Pelanggan yang Memuaskan 

Dalam layanan pelanggan, istilah ini juga efektif membantu memberikan layanan yang lebih baik dan lebih responsif. 

Optimasi Logistik

Dalam bidang logistik, istilah ini juga mempengaruhi pengelolaan pengiriman, sesuai transportasi yang digunakan. Termasuk mengatur biaya pengiriman, memaksimalkan waktu pengiriman, dan mengoptimalkan penggunaan armada. 

 

Jenis-Jenis Dispatched

 

Dispatching Terpusat  

Jenis yang satu ini mengacu pada pemesanan langsung yang dilakukan di pusatnya walau proses produksi masih berjalan. Untuk dispatch yang satu ini, kelebihannya terdapat pada data terkait pemesanan yang lengkap. Selain itu, pengerjaan jadu fleksibel, termasuk menentukan tenaga kerja dan mesin yang digunakan. 

Dispatching Terdesentralisasi

Untuk jenis terdesentralisasi, pesanan pengiriman akan melalui petugas yang kemudian mengatur proses pesanan hingga kegiatan ini selesai. Kelebihannya jenis ini lebih simpel daripada jenis sebelumnya. 

Dispatched

istockphoto.com

 

Prosedur Dispatched

 

Penerimaan Permintaan

Proses dispatching dimulai dengan penerimaan permintaan atau kebutuhan. 

Store Issue Order

Pengaturan dan perizinan pada pihak terkait seperti penjual dalam mengirim bahan baku atau barang mentah yang dibutuhkan. 

Tool Order 

Pengaturan dalam pengiriman peralatan yang digunakan. 

Evaluasi Kebutuhan

Langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi kebutuhan sehubungan permintaan pengiriman tersebut. Dalam hal ini penentuan sumber daya dan peralatan akan dilakukan. 

Perintah Kerja

Bagian ini menjadi pemberian instruksi atau alur kerja untuk semua pekerja agar proses dispatch berjalan dengan lancar. 

Time Ticket

Mengukur waktu produksi hingga selesai sebagai perhitungan pembayaran kerja. 

Inspection Order

Pemeriksaan dan pelaporan kualitas barang pada pihak yang bertugas yang melakukan inspeksi.  

Move Order

Memberikan izin pada perpindahan dan pergerakan barang dan komponen ke lokasi yang sudah ditentukan. 

Evaluasi dan Pelaporan

Setelah itu, dilakukan pemeriksaan dan evaluasi kinerja dan efektivitas dispatching. 

 

Kesimpulan 

Dispatched menjadi proses penting dalam pengelolaan barang yang efisien, sehingga memberikan layanan terbaik pada pelanggan. Pemahaman istilah logistik yang satu ini akan membantu Anda merespons dengan cepat dan efektif terhadap pengiriman barang atau produk.

***

Butuh layanan jasa pengiriman barang ekspor impor? 

PT. Surya Inti Primakarya siap membantu. Bersama tenaga ahli ekspor impor serta layanan ahli kepabeanan, bisnis ekspor impor Anda akan aman dan sampai tepat waktu.


Informasi lebih lanjut? Hubungi kami


Your Message Has Been Sent..