logo-navbar

Serba-Serbi Ekspor Indonesia ke Australia: Ini Lengkapnya!

02 JUL 2024

 

Kegiatan ekspor menjadi salah satu kegiatan utama yang dibutuhkan setiap negara untuk mendukung pertumbuhan ekonomi mereka. Tak terkecuali bagi Indonesia yang telah mengekspor produk-produk berkualitas keluar negeri demi meningkatkan daya saingnya di pasar global.

Salah satu negara tujuan ekspor Indonesia yakni negara Australia. Negara ini kerap menjadi negara tujuan ekspor untuk beberapa komoditas asal Indonesia. Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang serba-serbi ekspor Indonesia ke Australia.

 

Baca Juga: Tujuan Ekspor dan Impor: Pengaruhnya pada Perekonomian Indonesia

 

Yuk, ikuti bahasan lengkapnya berikut ini hingga tuntas!


 

Hubungan Bilateral Indonesia & Australia

 

Ekspor Indonesia ke Australia

 

Indonesia dan Australia telah menjalin kerja sama bilateral dengan lahirnya perjanjian IA-CEPA atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement. Perjanjian ini disepakati oleh keduanya pada 5 Juli 2020 lalu. Manfaat dari disepakatinya perjanjian ini yakni untuk memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Australia.

Lebih lanjut, perjanjian IA-CEPA disepakati untuk mengurangi nilai tarif perdagangan, meningkatkan akses pasar, dan mendorong perkembangan investasi antara Indonesia dan Australia. 

Sebanyak 7000 jenis produk Indonesia mendapat kebebasan tarif masuk ke negara Australia. Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk lebih memperluas jangkauan pasar produknya di pasar global. Meskipun begitu, pelaku usaha Indonesia juga perlu lebih memahami seperti apa kebutuhan pasar Australia.

Dengan begitu, produk-produk yang dihadirkan dari Indonesia tidak kalah saing dengan produk dari negara lain yang juga bersaing di pasar Australia.

 

 

Beberapa Komoditas Ekspor Indonesia ke Australia

 

Menurut data dari databoks, Indonesia mengalami pertumbuhan nilai ekspor ke negara tujuan Australia sepanjang 2021 lalu. Terdapat beberapa komoditas utama yang diekspor ke negara tujuan tersebut. Komoditas tersebut diantaranya seperti minyak, perlengkapan televisi, kayu, pupuk, serta besi dan baja.

 

Potensi Ekspor Produk Indonesia ke Australia

 

Ekspor Indonesia ke Australia

 

Dilansir dari exportpotential.intracen.org terdapat produk-produk Indonesia yang berpotensi untuk di ekspor ke negara Australia. Berikut adalah tampilan grafiknya.
 

Sumber: exportpotential.intracen.org

 

Dilihat dari data yang disajikan, ada beberapa produk yang punya potensi permintaan di pasar Australia. Urutan pertama diduduki oleh produk kendaraan bermotor berkapasitas kurang dari 10 orang. Nilai potensi untuk produk ini yakni $285 Juta. Untuk nilai aktual ekspornya yakni $6,8 Juta. 

Kemudian produk selanjutnya yang punya nilai potensi ekspor tertinggi yakni produk emas. Produk emas yang dimaksud yakni produk emas yang tidak ditempa dan bersifat non-moneter. Nilai potensi ekspornya yakni $142 juta. Untuk nilai aktual ekspornya yakni $87 Juta.

Setelah produk emas, adapun produk kayu untuk lantai yang juga berpotensi untuk diekspor ke Australia. Nilai potensinya yakni $130 Juta. Produk ini, punya nilai aktual ekspor paling besar yakni $125 juta.

Kemudian, Adapun produk alas kaki olahraga bagian atas berbahan sol karet/plastik yang juga berpotensi untuk diekspor ke Australia. Nilai potensi ekspor untuk produk ini yakni $108 juta. Nilai aktual ekspornya sendiri yakni $49 Juta.

Data exportpotential.intracen.org juga menyebutkan bahwa Indonesia punya kapasitas pasokan minyak sawit beserta fraksinya yang tinggi. Dengan nilai potensi ekspor yang mencapai $53 juta, membuat Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara yang punya potensi ekspor untuk produk minyak sawit ini di Australia.


 

Tantangan Ekspor Produk ke Australia

 

Ekspor Indonesia ke Australia

 

Mengekspor produk asal Indonesia tentu ada tantangannya tersendiri. Terlebih lagi bagi para pengusaha pemula. Ada tantangan-tantangan yang perlu dipahami namun bukan berarti untuk ditakuti. Berikut adalah tantangan-tantangannya.
 

  1. Tantangan regulasi

  2. Tantangan biaya logistik

  3. Perbedaan budaya & selera konsumen

 

Kami sudah pernah membahas tantangan ekspor produk ke Australia lebih dalam. Cek lengkapnya disini!

 

 

Kesimpulan

 

Indonesia memiliki kesempatan dalam meningkatkan pondasi perekonomian dengan mengekspor produknya ke negara Australia. Hubungan bilateral Indonesia dan Australia membuka potensi ekspor yang lebih besar bagi Indonesia. Hal ini menjadi patut untuk dipertimbangkan pelaku usaha lokal untuk memperluas jangkauan pasar mereka.

***

Demi kegiatan ekspor dan impor yang aman dan nyaman, Surya Inti Primakarya hadir untuk membantu memenuhi pengiriman barang keluar negeri yang berkualitas. 

Dibantu oleh tenaga ahli ekspor impor serta ahli kepabeanan yang berkompeten, SIP siap mengantarkan barang Anda dengan aman, terpercaya, dan tepat waktu.

 


Your Message Has Been Sent..