logo-navbar

Wajib Tahu! Ini Jenis & Fungsi Pallet Dalam Dunia Ekspedisi

08 FEB 2023

 

Pallet merupakan bagian penting dalam dunia ekspedisi. Alat ini berperan dalam proses pemindahan barang dan pengaturan posisi barang. Palet begitu diperlukan dalam proses bongkar dan muat.

Mungkin bagi pekerja di bagian gudang atau pihak yang berkecimpung dalam dunia logistic dan pengiriman barang, pastinya familiar dengan alat ini.

 

Baca Juga: Fungsi Pallet Racking Untuk Bisnis Logistik dan Perdagangan

 

Pallet sendiri merupakan alat dengan bentuk persegi yang biasanya berbahan kayu dan sangat efektif dalam proses pemindahan muatan. 

Akan tetapi, pallet ternyata mempunyai beberapa fungsi sesuai dengan jenisnya. Apa saja? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

 

 

Fungsi Pallet

 

fungsi pallet

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Pallet merupakan alat dari bahan kayu berbentuk persegi datar yang memiliki rongga-rongga.

Fungsi utamanya adalah membantu memudahkan proses pemindahan barang yang akan dipindahkan atau disimpan di gudang. Palet juga akan menjaga bagian bawah barang terlindungi dari kotor atau air di lantai. 

 

 

Jenis Pallet Berdasarkan Bahan Pembuatnya

 

Pallet Kayu

 

fungsi pallet

 

Jenis yang pertama dan umum adalah dari kayu, namun bukan kayu sembarangan. Biasanya alat ini dibuat dari kayu jati, Mahoni dan jenis kayu berkualitas lainnya.

Indonesia merupakan negara dengan pengguna pallet kayu terbanyak. Pallet ini digunakan untuk memindahkan, menyimpan dan menjaga barang yang diangkat dengan forklift. 

 

 

Pallet Logam

 

Jenis ini bisa dikatakan yang paling kuat dari jenis lainnya. Pallet dari logam dan besi ini juga disebut-sebut paling mahal.

Akan tetapi, tidak cocok digunakan di area yang lembab. Kurang dapat menjaga barang dari air atau ruangan yang berpotensi lembab, karena materialnya jadi mudah korosi atau karat. 

Namun, dengan kelebihannya yang kuat dengan ketahanan tangguh, jenis logam ini sering digunakan untuk mengangkut barang dengan kapasitas besar dan muatan berat. 

 

 

Pallet Plastik

 

Pallet dari plastik dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran. Memiliki ketahanan yang awet karena material yang tahan pada serangan karat dan suhu. Biasanya jenis palet digunakan untuk mengangkut makanan dan minuman. 

 

 

Pallet Kardus

 

Bersifat daur ulang, jenis ini yang digadang-gadang ramah lingkungan. Walau begitu, bahan yang satu ini memiliki ketahanan sekitar 100 kg. 

 

 

Jenis Pallet Berdasarkan Celah

 

fungsi pallet

 

Pallet 2 Arah

 

Jenis 2 arah ini memudahkan penggunaan forklift dapat digunakan dari 2 sisi yakni dari sisi depan dan sisi belakang. 

 

Pallet 4 Arah

 

Pallet 4 ways dapat digunakan untuk alat bantu forklift mengangkut barang dari empat sisi, yakni dari sisi depan, belakang, samping kiri dan kanan. 

 

 

Kesimpulan

 

Itu dia pengertian, jenis hingga fungsi pallet yang sangat berguna dalam dunia logistic dan cargo. Fungsinya pun berbeda sesuai dengan jenis pallet itu sendiri. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya! 

Masih bingung? Surya Inti Primakarya, selalu siap menjadi partner terbaik Anda dalam kegiatan ekspor dan impor. Siap membantu Anda memberikan informasi lengkap seputar perdagangan dunia, serta pengiriman barang melalui laut dan melalui udara. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi SIP? Segera untuk Hubungi kami.
 


Your Message Has Been Sent..