logo-navbar

First Mile vs Last Mile dalam Logistik, Ini 4 Perbedaannya

29 NOV 2023

Banyak istilah yang harus dipahami demi kelancaran logistik perdagangan global. Hal ini bertujuan untuk memperlancar dan mencapai sistem logistik yang efisien. 

 

Ada dua konsep penting yang sering digunakan dan wajib Anda pahami, yakni First Mile dan Last Mile.

 

Apa perbedaan first mile dan last mile dalam logistik? 

 

Mari kita bahas selengkapnya 

 

 

Pengertian 

istockphoto.com

a. First Mile 

 

First mile merupakan tahap awal dalam proses pengiriman. Dalam hal ini mencakup semua proses yang terlibat mulai dari pengambilan barang dari sumber awal, lalu dipindahkan ke fasilitas distribusi. 

 

Proses ini berfokus pada beberapa faktor, yakni pengumpulan barang, pemilihan dan pengepakan, dan pengiriman awal hingga pemuatan pada armada pengangkutan dan dikirim di titik transit. 

 

Proses first mile dilakukan dengan sistem yang efisien dan tepat waktu untuk menjaga kelancaran logistik barang. Barang juga dikemas dengan baik untuk mencegah kerusakan selama perjalanan, hingga siap dikirim ke fasilitas distribusi. 

pexels.com

b. Last Mile 

 

Last mile adalah tahap terakhir dari pengiriman barang. Tahap ini terjadi proses pengangkutan barang atau produk dari gudang ke pelanggan akhir.

 

Ada beberapa faktor yang wajib diperhatikan dalam tahap Last mile, yakni :  

 

Pengiriman ke Pelanggan Akhir

 

Karena berfokus pada pengiriman barang dari fasilitas distribusi terakhir langsung ke pelanggan akhir, jadi ini menjadi posisi terdekat dengan konsumen, sehingga semua harus diperhatikan agar tidak ada kesalahan. 

 

Masalah Geografis

 

Last mile juga kerap mengalami hambatan dari sisi geografis, seperti jarak, lalu lintas, dan rute yang kompleks. Perlu dilakukan persiapan yang cermat untuk memastikan barang sampai di tangan pembeli dengan aman. 

 

Ekspektasi Pelanggan

 

Pelanggan memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Mungkin ada yang sibuk mengharapkan pengiriman sampai dalam beberapa jam, ada juga yang mengganti hari atau waktu karena sesuatu hal. Pihak jasa dalam pengiriman last mile harus bisa memperhatikan hal ini. 

 

 

First Mile vs Last Mile

istockphoto.com

Ada beberapa perbedaan first mile dan last mile dalam logistik, yakni :

 

Fokus Kerja

 

First mile berfokus pada pengumpulan dan persiapan awal barang-barang untuk dikirim, sementara last mile berfokus pada pengiriman barang ke pelanggan akhir.

 

Kompleksitas

 

Istilah Last mile mungkin lebih kompleks daripada first mile, karena melibatkan banyak hal yang sulit diprediksi, seperti lalu lintas, kondisi jalan, dan kepentingan pembeli atau pemilik barang.

 

Kemasan 

Untuk kemasan barang di tahan first mile, sering dimasukkan tanpa merk, karena biasanya barang-barang diangkut secara menyeluruh. Sementara untuk tahap last mile, barang sudah dikemas sesuai merk dan jenisnya, seperti kode barang, faktur, nomor seri dan ukuran barang, karena akan langsung diberikan pada pembeli. 

 

Biaya

 

Last mile seringkali lebih mahal daripada first mile karena tantangan geografis dan persyaratan pengiriman yang lebih ketat. Layanan ini juga harus bisa mencari solusi akan tantangan selama barang di tangan. 

 

Sementara itu, proses first mile dinilai lebih sederhana sehingga biaya yang dibebankan tidak begitu mahal. 

 

 

Mengapa Penting Memahami Perbedaan Istilah Logistik Ini?

 

Memahami perbedaan antara first mile dan last mile akan membantu Anda dalam menangani pengiriman dan dampaknya baik untuk biaya, waktu pengiriman, hingga kepuasan pelanggan. 

 

Kesalahan dalam first mile akan mempengaruhi kualitas produk, dan kesalahan dalam last mile akan membuat pelanggan kurang percaya pada jasa logistik yang digunakan. 

 

Anda yang memiliki bisnis logistik harus memahaminya. Apalagi, dalam era e-commerce yang berkembang pesat, first dan last mile jadi semakin penting. 

 

 

Kesimpulan

 

Dengan penjelasan First mile dan last mile di atas, Anda lebih paham perbedaan dan fungsinya dalam proses mengelola pengiriman. 

 

Dengan teknologi dan perencanaan yang baik, perusahaan dapat mengatasi tantangan dalam kedua tahap ini dan meningkatkan kinerja logistik secara keseluruhan.

 

Butuh jasa pengiriman dan pelayanan kepabeanan terpercaya dan berpengalaman? Surya Inti Primakarya siap membantu pengiriman melalui laut dan udara. 

 

Segera Hubungi kami.


Your Message Has Been Sent..