logo-navbar

Kenali Penyebab Biaya Pengiriman Mahal dan Cara Mengatasinya

09 OCT 2023

 

Kemudahan transaksi saat melakukan pembelian secara online sekarang ini memang memberikan keuntungan bagi pelanggan atau pelaku bisnis. Namun, setiap bisnis yang terlibat dalam distribusi barang pasti berurusan dengan biaya pengiriman. Akan tetapi, terkadang biaya pengiriman bisa jadi beban yang cukup besar dan menghambat kelancaran bisnis logistik. 

 

 

Baca Juga: Mengenal Pengiriman Ekonomi & Solusinya

 

 

Untuk itu, ada baiknya kita membahas apa saja sih penyebab biaya pengiriman mahal? Dan apa kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk menentukan biaya pengiriman yang lebih efisien.

 

 

Penyebab Biaya Pengiriman Mahal

istockphoto.com

Jarak Pengiriman

 

Salah satu penyebab utama ongkir atau ongkos kirim mahal adalah jarak dari titik asal dan tujuan pengiriman. Semakin jauh jarak pengiriman, tentunya akan semakin mahal dan tinggi biaya pengirimannya. Hal ini meliputi biaya bahan bakar, kendaraan, dan waktu.

 

Volume dan Berat

 

Selanjutnya adalah dipengaruhi oleh volume dan berat barang kiriman. Barang dengan ukuran yang lebih besar atau lebih berat akan memerlukan lebih banyak ruang dan sumber daya untuk pengiriman, yang akan meningkatkan biaya.

 

Jenis Armada

 

Alasan ongkos kirim mahal lainnya adalah jenis transportasi yang digunakan. Tentunya penggunaan kapal dan pesawat akan berbeda dari biaya. Pilihan armada pasti akan dipertimbangkan jasa ekspedisi sehubungan dengan jarak dan ukuran dan berat barang kiriman. 

 

Layanan Pengiriman yang Tidak Efisien 

 

Layanan dan kurir yang tidak efisien dalam mengelola rute pengiriman atau yang sering terlambat dapat menyebabkan biaya pengiriman yang lebih tinggi karena waktu adalah uang.

 

Kondisi Cuaca dan Bencana Alam

 

Kondisi alam seperti cuaca buruk atau bencana alam, juga berpengaruh dan mengganggu proses pengiriman. Hal ini akan menyebabkan keterlambatan atau kerusakan pada barang, juga bisa meningkatkan biaya pengiriman.


 

Cara Menentukan Biaya Pengiriman yang Efisien

istockphoto.com

Analisis Data

 

Mengumpulkan dan menganalisis data pengiriman akan sangat membantu Anda dalam memahami proses dan pola pengiriman. Anda juga bisa mengidentifikasi area di mana efisiensi dapat ditingkatkan.

 

Manfaatkan teknologi 

 

Saat ini, sudah banyak perangkat lunak logistik yang canggih bisa digunakan untuk membantu dalam merencanakan rute pengiriman yang efisien, mengelola stok, dan mengoptimalkan proses pengiriman.

 

Dengan memanfaatkan teknologi, Anda juga bisa merencanakan rute terbaik, seperti penggunaan sistem GPS guna membantu menghemat waktu dan bahan bakar. 

 

Negosiasi 

 

Bekerjasama dengan pihak penjual dan perusahaan jasa pengiriman dapat membuat kita efektif dalam mendapatkan tarif yang lebih baik dan masuk akal untuk barang kiriman. 

 

Optimalkan Pemilihan Metode Pengiriman

 

Pertimbangkan metode pengiriman yang paling sesuai untuk jenis barang kiriman dan jarak pengiriman. Jangan gunakan metode pengiriman ekspres jika tidak dibutuhkan segera. 

 

Pengembangan Kebijakan Pengiriman

 

Menetapkan kebijakan pengiriman yang jelas dan efisien kepada karyawan dan pelanggan dapat membantu dalam mengendalikan biaya pengiriman.

istockphoto.com

Penutup

 

Biaya pengiriman yang mahal bisa jadi beban besar bagi bisnis, namun dengan pemahaman yang baik tentang penyebabnya dan upaya-upaya untuk meningkatkan efisiensi, bisnis dapat mengurangi biaya pengiriman dengan tepat dan lebih efisien. Tentunya hal ini akan meningkatkan profitabilitas dan daya saing usaha Anda di pasar.

 

Anda membutuhkan layanan ekspor impor yang berpengalaman? Serahkan pada ahlinya. Surya Inti Primakarya siap mendukung kegiatan ekspor impor melalui jalur laut dan udara. 

 

Butuh info lebih lanjut? Segera hubungi Hubungi kami.

 


Your Message Has Been Sent..