logo-navbar

Tingkatkan Efisiensi Pengiriman Melalui Proses Sortir Barang: Ini Tahapannya!

05 APR 2024

Pengiriman barang sudah menjadi kegiatan vital dalam bidang logistik. Untuk memastikan barang sampai ke tangan pembeli dengan cepat dan aman, proses sortir pengiriman harus dilakukan dengan efisien. 

Proses ini melibatkan penyortiran barang berdasarkan berbagai kriteria, seperti tujuan akhir, jenis barang, atau waktu pengiriman. 

Secara rinci kita akan bahas proses sortir pengiriman dalam artikel ini. Simak sampai selesai ya. 

 

Definisi Sortir Barang 

Sortir Pengiriman 

istockphoto.com

Jika merujuk pada pengiriman logistik, sortir dijelaskan sebagai kegiatan pemisahan barang sesuai dengan alamat tujuan barang. Atau simpelnya, sortir merupakan proses pemisahan barang sesuai wilayah tujuan pengirimannya. 

Penyortiran barang dilakukan tak hanya menjadi kegiatan yang memudahkan pengiriman dan membantu petugas atau kurir mengantarkan barang pesanan, namun dilakukan juga pengecekan kondisi paket sebelum sampai di tangan pembeli. 

 

Fungsi dan Manfaat Sortir Pengiriman

Sortir Pengiriman 

istockphoto.com

 

Optimalisasi Rute Pengiriman 

Sortir barang berdasarkan tujuan pengiriman, akan memungkinkan proses pengiriman lebih optimal sesuai rute. Hal ini juga akan membantu mengurangi waktu tempuh dan biaya pengiriman secara keseluruhan.

 

Efisiensi dalam Operasional

Proses sortir pengiriman juga memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan memaksimalkan waktu untuk menempatkan barang sesuai tujuan, sehingga akan menambah produktivitas dan mengurangi biaya operasional secara keseluruhan.

 

Akurasi Pengiriman Lebih Tinggi

Sortir barang berdasarkan kriteria akan membantu memastikan akurasi pengiriman lebih tinggi. Kemungkinan kesalahan pengiriman akan berkurang.

 

Peningkatan Layanan Pelanggan

Dengan memungkinkan pengiriman lebih cepat dan akurat, proses sortir pengiriman berkontribusi pada peningkatan layanan pelanggan secara keseluruhan. 

 

Manajemen Stok yang Tepat

Dengan memisahkan dan menyortir barang-barang sesuai jenis dan kriteria lainnya, proses manajemen stok jauh lebih efektif. Pengelolaan persediaan barang lebih teratur dan menghindari kelebihan atau kekurangan stok.

 

Tahapan Proses Sortir Pengiriman

Sortir Pengiriman

istockphoto.com

Penerimaan Barang

Tahapan pertama dalam proses sortir pengiriman adalah penerimaan barang dari berbagai sumber. Barang-barang dikumpulkan dari berbagai asal dan dikumpulkan ke pusat distribusi atau gudang untuk kemudian disortir.

 

Identifikasi dan Pemisahan

Setelah barang dikumpulkan, selanjutnya adalah proses identifikasi barang sesuai jenisnya, misalnya tujuan pengiriman, jenis barang, dan lainnya. Barang lalu dipisahkan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

 

Three Letter Code

Proses dilanjutkan dengan pengelompokan barang dan menyertakan resi serta Three Letter Code. TLC adalah kode yang terdiri dari tiga huruf sebagai kode kota tujuan pengiriman. Tujuan TLC adalah mempermudah proses sortir barang dan dikirimkan sesuai alamat tujuan. Misalnya, DPK yakni Depok atau BDG yaitu Bandung. 

 

Proses Penyortiran Akhir

Proses penyortiran dengan barang yang sudah dikelompokkan berdasarkan tujuan, waktu pengiriman, dan lainnya akan ditempatkan di gudang. 

 

Pengiriman

Tahap terakhir adalah pengiriman barang. Barang atau produk kiriman akan dikirim ke tujuan hingga sampai ke tangan penerima.

 

Kesimpulan

Proses sortir pengiriman tak hanya mengelompokkan barang agar mudah dikirim, tapi dapat meningkatkan efisiensi pengiriman barang hingga tujuan akhir serta membawa manfaat yang signifikan bagi perusahaan logistik dan pelanggan.

Butuh layanan jasa pengiriman barang ekspor impor? 

 

PT. Surya Inti Primakarya siap membantu. Bersama tenaga ahli ekspor impor serta layanan ahli kepabeanan, bisnis ekspor impor Anda akan aman dan sampai tepat waktu.


Informasi lebih lanjut? Hubungi kami


Your Message Has Been Sent..