logo-navbar

Teori Daya Saing Ekspor: Ini Definisi Konsepnya!

03 OCT 2024

 

Persaingan di dunia pasar internasional era saat ini sangatlah ketat dan bisa berubah-ubah. Terlebih lagi, persaingan tersebut juga didorong oleh adanya faktor globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat. 

Banyak perusahaan atau pengusaha bisnis dari berbagai negara bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar dengan menawarkan produk dan layanan yang inovatif serta berkualitas tinggi. Dan tentunya hal ini juga menimbulkan persaingan ekspor untuk setiap negara yang pastinya terlibat.

 

Baca Juga: Ini 6 Cara Berjualan Ekspor di Pasar Global

 

Satu bahasan penting yang perlu diulas yakni tentang teori daya saing ekspor. Teori daya saing ekspor menjadi suatu hal penting yang harus dipahami guna menguatkan persaingan dan ekonomi suatu negara. Lalu apa itu teori daya saing ekspor? Mari kita bahas bersama!


 

Teori Daya Saing Adalah

 

<a style=Teori Daya Saing Adalah" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Teori-Daya-Saing-Adalah.jpg" style="width:80%" />

 

Daya saing ekspor menjadi suatu istilah yang merujuk pada kemampuan satu negara untuk dapat bersaing di persaingan perdagangan internasional. Seperti yang kita ketahui, perdagangan internasional tidak hanya diikut sertai oleh satu atau dua negara saja, tetapi banyak negara-negara lain yang masing-masing menawarkan komoditas berkualitas mereka.

Teori daya saing sendiri menjelaskan adanya faktor-faktor daya saing ekspor yang perlu dipahami. Hal ini dikarenakan faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi kemampuan atau daya saing suatu negara dalam bersaing di pasar global.


 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Ekspor

 

<a style=Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Ekspor" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Faktor-Faktor-yang-Mempengaruhi-Daya-Saing-Ekspor.jpg" style="width:80%" />

 

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi daya saing ekspor suatu negara. Diantaranya yakni produksi, kualitas produk, infrastruktur logistik, dan kebijakan pemerintah. Simak ulasan lebih lanjutnya berikut ini.

 

Produksi

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi daya saing ekspor pada suatu negara yakni faktor produksinya. Faktor produksi sendiri mencakup beberapa hal. Diantaranya yakni seperti sumber daya manusia, modal, dan teknologi produksinya. 

Umumnya, jika suatu negara punya sumber daya manusia yang berkualitas, modal yang cukup, serta teknologi produksi yang mumpuni, maka produksi suatu negara akan menjadi lebih berpotensi.

 

Kualitas Produk

Faktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi atau memperkuat daya saing ekspor yakni negara yakni kualitas produk yang dihasilkan. Produk yang berkualitas pastinya akan menarik minat konsumen di pasar global. Terlebih lagi jika suatu barang yang ditawarkan memiliki kualitas yang tinggi dengan harga jual yang lebih rendah.

 

Infrastruktur Logistik

Faktor selanjutnya yang juga dapat mempengaruhi daya saing ekspor suatu negara yakni infrastruktur logistiknya. Lebih lanjut, infrastruktur seperti jalan raya, pelabuhan, bandara, dan infrastruktur lainnya yang mendukung proses logistik haruslah memadai dan mampu mendukung ekspor negara tanpa hambatan.

Kehadiran infrastruktur logistik yang memadai dan modern, akan membantu suatu negara untuk menghasilkan ekspor yang lebih efisien dan efektif. Singkatnya, proses pengangkutan suatu barang ekspor yang efektif juga akan menguntungkan bagi negara itu sendiri.

 

Kebijakan dari Pemerintah

Kebijakan dari pemerintah juga menjadi faktor yang sangat mempengaruhi daya saing ekspor suatu negara. Kebijakan dari pemerintah umumnya mencakup kebijakan tarif, subsidi, dan perjanjian perdagangan bebas. Contoh yang paling sederhana yakni, kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi tarif ekspor.


 

Upaya dalam Meningkatkan Daya Saing Ekspor

 

<a style=Upaya dalam Meningkatkan Daya Saing Ekspor" src="https://sip-exim.co.id/uploads/filemanager/Upaya-dalam-Meningkatkan-Daya-Saing-Ekspor.jpg" style="width:80%" />

 

Adapun upaya-upaya yang dapat diterapkan oleh suatu negara dalam meningkatkan daya saing ekspornya di pasar internasional. Upaya-upaya ini juga berkaitan dengan faktor-faktor yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya. Berikut adalah upaya-upayanya.

 

Mengembangkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Upaya pertama yang dapat dilakukan oleh suatu negara apabila daya saing ekspor mereka ingin lebih kuat yakni dengan mengembangkan kualitas sumber daya manusianya. Sederhananya, kualitas manusia akan menentukan seperti apa kualitas produk yang dihasilkan

Oleh karena itu, suatu negara perlu menyediakan beberapa pelatihan ataupun pendidikan yang lebih berkualitas guna sumber daya manusia lokal bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk suatu produksi yang juga lebih berkualitas.

 

Meningkatkan Kualitas Produksi

Kualitas produksi yang membaik juga akan berdampak pada daya saing ekspor suatu negara. Seperti yang sudah disebutkan, jika kualitas produk dapat memenuhi kebutuhan pasar internasional, maka daya saing ekspor negara juga akan lebih kuat.

 

Mengembangkan Infrastruktur Logistik dalam Negeri

Pemerintah juga perlu mengembangkan infrastruktur logistik dalam negeri yang lebih mendukung. Seperti yang sudah disebutkan bahwa Kehadiran infrastruktur logistik yang memadai dan modern, akan membantu suatu negara untuk menghasilkan ekspor yang lebih efisien dan efektif.

 

Mengembangkan Kebijakan Pemerintah

Upaya selanjutnya, pemerintah juga perlu mengembangkan dan menyesuaikan kebijakan-kebijakan mereka yang dapat membantu eksportir untuk lebih berkembang. Dampaknya, perekonomian negara juga akan semakin kuat karena negara tidak akan mengalami ketergantungan pada produk impor.


 

Penutup

 

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Jangan lupa cek artikel lainnya dari Surya Inti Primakarya

***

Pilih Surya Inti Primakarya untuk layanan pengiriman yang aman dan tepat waktu. Pengiriman Anda akan ditangani oleh tenaga ekspor impor terpercaya, dan ahli kepabeanan yang berkompeten.

Hubungi kami, segera.

 


Your Message Has Been Sent..