Pengiriman barang adalah salah satu aspek penting dalam industri apa saja, termasuk industri retail, khususnya dalam era e-commerce yang semakin berkembang pesat.
Sebuah pengiriman yang efisien dan tepat waktu dapat menjadi faktor yang menentukan kepuasan pelanggan dan kesuksesan bisnis. Jadi, logistik retail menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, baik pengiriman mid mile dan last mile.
- Pengertian Industri Retail
- Karakteristik Bisnis Retail
- Jenis Usaha Retail
- Tips Pengiriman Industri Retail
- Pilih Mitra Pengiriman yang Terpercaya
- Pilih Metode Pengiriman yang Tepat
- Lakukan Packing yang Baik
- Lakukan Tracking Pengiriman
- Adanya Pilihan pengiriman kepada Pelanggan
- Informasi Biaya Pengiriman yang Akurat
- Tingkatkan Layanan Pelanggan
- Maksimalkan Teknologi yang Canggih
- Berikan Layanan Menguntungkan untuk Pelanggan
- Lakukan Evaluasi Kinerja Secara Berkala
- Kesimpulan
Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 7 Masalah Pengiriman Barang & Solusinya
Akan tetapi, proses logistik dalam industri retail tentunya pasti memiliki limitasi, hambatan dan tantangan. Oleh karena itu, kami sudah merangkum beberapa tips pengiriman industri retail yang dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis Anda.
Apa saja? Namun sebelumnya kenali dulu apa itu industri retail dan karakteristiknya. Ikuti artikel ini sampai selesai ya!
Pengertian Industri Retail
Industri ritel merupakan bisnis penjualan barang atau jasa baik dalam jumlah besar atau eceran, untuk kebutuhan sendiri atau kegiatan penjualan.
Bisnis ini memiliki perbedaan dari bisnis grosiran. Konsumen dalam industri retail biasanya membeli produk atau barang dalam jumlah sedikit, sementara dalam bisnis grosir, konsumen membeli dalam jumlah yang banyak.
Karakteristik Bisnis Retail
Memasarkan Barang dalam Jumlah Satuan
Umumnya jenis usaha ini menjual barang secara satuan. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan bagaimana penjual melakukan promosi dan pemasaran, termasuk memperhatikan jumlah stok barang yang akan dijual.
Bertemu Langsung dengan Konsumen
Bisnis ini juga memiliki alur penjualan langsung bertemu muka dengan pembeli. Untuk itu, jika menggeluti bisnis ini, Anda harus memperhatikan sistem dari proses pembelian yang tentunya nyaman dilakukan pembeli, seperti pemesanan hingga transaksi pembayaran yang simpel dan cepat.
Jenis Usaha Retail
Toko Serba Ada
Jenis usaha ini menyediakan segala kebutuhan pelanggan, dari makanan, minuman, kebutuhan mandi dan lainnya. Contohnya adalah supermarket.
Toko Satu Jenis Produk
Jenis yang satu ini hanya menjual satu jenis produk saja. Contohnya seperti toko obat, perhiasan, pakaian dan sebagainya.
Bisnis Secara Online
Jenis yang satu ini kini menjadi pilihan populer di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat. Bisnis ini memanfaatkan berbagai platform yang tersedia, seperti membuat website, media sosial dan lainnya.
Tips Pengiriman Industri Retail
Pilih Mitra Pengiriman yang Terpercaya
Tips pertama adalah memastikan bekerja sama dengan mitra pengiriman yang terpercaya. Mitra pengiriman yang baik harus memiliki reputasi yang baik dalam hal kecepatan pengiriman, keamanan pengiriman, dan layanan pelanggan yang baik.
Pastikan juga Anda memilih mitra pengiriman dengan jaringan pengiriman yang luas dan dapat menjangkau lokasi yang sulit. Dengan begitu, Anda dengan mudah memastikan bahwa barang yang dikirimkan akan tiba tepat waktu dan tentunya dalam kondisi baik.
Pilih Metode Pengiriman yang Tepat
Anda juga harus memastikan metode pengiriman yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya. Umumnya, metode pengiriman yang digunakan adalah pengiriman reguler, secara ekspres, dan overnight.
Pastikan Anda memilih metode pengiriman yang tepat sesuai dengan jenis produk yang dikirimkan dan waktu yang tidak terlalu lama. Dalam hal ini, pastikan Anda sudah melakukan perbandingan harga dari beberapa mitra sebelum menentukan metode pengiriman.
Lakukan Packing yang Baik
Packing yang baik juga perlu diperhatikan sebelum pengiriman barang. Pastikan barang yang dikirimkan dibungkus dengan baik dan aman, sehingga tidak akan rusak selama proses pengiriman.
Gunakan bahan packing seperti bubble wrap, styrofoam, atau kardus yang kuat. Anda dapat juga memasukkan kertas isian dalam kardus untuk mencegah barang bergeser atau pecah selama pengiriman.
Lakukan Tracking Pengiriman
Tracking pengiriman yang akurat akan memberikan informasi yang tepat tentang posisi barang dalam proses pengiriman.
Dengan tracking pengiriman, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan bisa memantau barang mereka secara real-time, termasuk waktu tiba barang. Jadi, jangan lupa untuk memberikan nomor resi pengiriman barang pada konsumen Anda ya!
Adanya Pilihan pengiriman kepada Pelanggan
Memberikan pilihan pengiriman kepada pelanggan akan membantu Anda dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Anda bisa memberi pilihan metode pengiriman, seperti pengiriman reguler atau ekspres, jadi pembeli akan menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka, termasuk pilihan pengiriman barang ke alamat yang berbeda dari alamat penagihan.
Informasi Biaya Pengiriman yang Akurat
Memberikan informasi pengiriman yang akurat kepada pelanggan, seperti estimasi waktu dan biaya pengiriman akan memudahkan komunikasi Anda dengan pembeli. Hal ini juga akan meningkatkan kepuasaan mereka.
Tingkatkan Layanan Pelanggan
Selalu tingkatkan pelayanan dalam industri retail yang Anda jalankan. Perhatikan kebutuhan customer service untuk menjawab pertanyaan atau masalah pelanggan terkait pengiriman.
Pastikan nomor telepon dan email mudah dihubungi. Selain itu, berikan layanan pelanggan yang ramah.
Maksimalkan Teknologi yang Canggih
Teknologi pengiriman yang canggih dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengiriman barang. Seperti otomasi pengiriman, pengiriman real-time, serta analisis data pengiriman.
Dengan menggunakan teknologi ini, pengiriman pada barang akan lebih cepat, meningkatnya akurasi dan pelayanan kepada pelanggan.
Berikan Layanan Menguntungkan untuk Pelanggan
Untuk meningkatkan layanan dan kepuasan berbelanja, Anda bisa menghadirkan beberapa layanan yang menguntungkan pembeli, seperti adanya promo barang, pengiriman gratis, voucher diskon, dan lainnya.
Lakukan Evaluasi Kinerja Secara Berkala
Evaluasi kinerja pengiriman dapat dilakukan dengan rutin, mencakup memeriksa waktu pengiriman, biaya, dan hambatan selama mengirim barang.
Dengan begitu, Anda bisa mudah memperbaiki dan meningkatkan kinerja pengiriman yang lebih efektif dan efisien kepada para pembeli.
Kesimpulan
Pengiriman industri retail memang sangat vital pengaruhnya. Dengan beberapa tips pengiriman di atas, Anda dapat meningkatkan kinerja logistik dan menambah kepuasan pelanggan.
Selain itu, selalu memantau kinerja pengiriman dan terus meningkatkan layanan untuk memberikan pengalaman pengiriman yang terbaik bagi pelanggan.
Butuh jasa pengiriman barang ataupun kepabeanan untuk memperlancar bisnis ekspor impor Anda?
Surya Inti Primakarya hadir membantu Anda dan mendukung proses pengiriman barang melalui laut dan udara yang dilakukan dengan lebih aman dan cepat.