Istilah 3PL dan 4PL seringkali dikenal di dunia logistik terutama berkaitan dengan rantai pasokan. Terdapat perbedaan antara 3PL vs PL dalam proses alur fungsinya. 3PL memiliki peran sebagai pihak ketiga sebagai penyedia jasa logistik, sedangkan 4PL memiliki peran sebagai pihak keempat atau bisa disebut Fourth Party Logistic.
Baca Juga: Kenali Fungsi Shipper dalam Kegiatan Logistik
Lalu apa saja hal-hal yang membedakan antara 3PL vs 4PL dalam dunia logistik? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.
Definisi 3PL Beserta Fungsinya
3PL atau disebut logistik pihak ketiga adalah sebuah produsen yang menyediakan layanan kepada perusahaan produsen untuk menyerahkan aktivitas logistik dan rantai pasokan kepada pihak ketiga.
3PL menyediakan layanan seperti manajemen persediaan yang tepat, penyimpanan inventaris, manajemen persediaan yang tepat, pengiriman barang, broker bea cukai, penyortiran dan pengemasan, manajemen kontrak, serta solusi IT.
3PL memiliki kelebihan dimana perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya. Selain itu, 3PL dapat digunakan untuk kegiatan distribusi dengan cakupan lokal maupun internasional. Biaya yang dikeluarkan juga kecil sehingga sangat bermanfaat bagi pelaku usaha kecil. Kelebihan 3PL juga memiliki model logistik yang responsif.
Definisi 4PL Beserta Fungsinya
4PL atau disebut logistik pihak keempat adalah luasan dari 3PL. 4PL memegang kendali dan bertanggung jawab penuh dalam mengurus seluruh rantai pasokan. Selain itu, 4PL juga bertanggung jawab penuh dalam pengadaan bahan baku, produksi, penyimpanan atau gudang, pengangkutan, dan pengiriman produk kepada customers.
4PL memiliki kelebihan dimana perusahaan ini dapat memanajemen rantai pasokan secara penuh. Pendekatan yang menyeluruh dapat mendukung proses yang lebih efisien serta terintegrasi. Hasilnya akan menciptakan visibilitas yang baik, kontrol yang maksimal, serta efisiensi.
Hal yang Menjadi Perbedaan Utama 3PL Vs 4PL
Terdapat perbedaan antara layanan 3PL vs 4PL. Perusahaan perlu menentukan pilhannya berdasarkan kebutuhan. Berikut ini adalah hal yang menjadi perbedaan antara 3PL vs 4PL.
Lingkup Pelayanan
4PL hadir untuk menawarkan layanan manajemen yang lebih luas dan menyeluruh. Layanannya tidak hanya mencakup logistik dan transportasi saja, tapi juga membantu dalam hal pengadaan, mengatur persediaan, dan merancang perencanaan yang lebih strategis.
Sedangkan 3PL memiliki lingkup pelayanan yang lebih sedikit yaitu sebagai logisitik dan transportasi, pergudangan, distribusi, serta transportasi.
Level Kontrol
Perusahaan klien dapat mempertahankan kontrol yang lebih jelas dalam proses pengoprasian logistik. Sedangkan 4PL, karena memiliki tanggung jawab penuh, maka perusahaan klien akan lebih sedikit mengontrol kegiatan tersebut.
Hubungan dengan Pihak Pemberi Layanan
Umumnya, logistik pihak ketiga akan menjalin kontrak dengan perusahaan yang menyediakan layanan logistik tertentu. Sedangkan logistik pihak keempat akan menyediakan layanan utama atau sebagai penyedia utama logistik dan berkoordinasi dengan penyedia 3PL untuk mengatur seluruh rantai pasokan.
Kemampuan Teknologi
4PL memiliki sistem dan teknologi yang lebih canggih dibandingkan 3PL karena level kontrol 4PL lebih luas daripada 3PL.
Kesimpulan
Inti dari perbedaan 3PL vs 4PL dalam dunia logistik adalah ruang lingkup layanan yang berbeda. 4PL memiliki cakupan layanan yang lebih luas dibanding 3PL. Hal ini dikarenakan 4PL memegang kendali dan bertanggung jawab penuh dalam mengurus seluruh rantai pasokan. Sedangkan 3PL memfokuskan pada layanan logistik dan beberapa transportasi.
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentu keduanya juga memiliki peran masing-masing tergantung pada kebutuhan perusahaan klien.
Jika Anda membutuhkan layanan pengiriman barang yang terpercaya, Surya Inti Primakarya atau SIP adalah jawabannya. Pengiriman barang anda akan dilayani oleh tim profesional kami dengan melalui 4 jalur shipping yang kami berikan.
Butuh Info Lebih Lanjut? Silakan untuk Hubungi Kami.