logo-navbar

Penjelasan dan Perbedaan Antara CIP dan DAP dalam Logistik

30 OCT 2024

 

Aktivitas logistik internasional diatur dalam Incoterms atau International Commercial Terms sebagai acuan tanggung jawab dan solusi jika ada risiko antara pihak terkait dalam proses pengiriman barang

Dua dari belasan istilah Incoterms yang sering digunakan adalah Carriage and Insurance Paid to dan Delivered at Place. Walau sama-sama penting, ada beberapa perbedaan signifikan dari dua istilah ini. 

Apa saja? Ini penjelasan lengkapnya!

 

 

Pengertian Carriage and Insurance Paid to

 

CIP dan DAP

 

Istilah ini kerap disingkat CIP yang merujuk pada penjual bertanggung jawab membayar biaya pengangkutan dan asuransi hingga barang sampai di tempat tujuan yang disepakati.

 

Baca Juga: CPT dan CIP dalam Logistik, Kenali Perbedaannya

 

Dalam hal ini, penjual memiliki kewajiban mengurus pengiriman barang dari tempat asal sampai tujuan, serta memastikan barang sudah memiliki asuransi perjalanan. 

 

a. Tanggung Jawab Penjual 

Penjual bertanggung jawab dalam proses pengemasan barang dan penyediaan semua dokumentasi yang dibutuhkan. Selain itu, penjual juga mengurus biaya terkait, termasuk armada yang digunakan, hingga pembayaran asuransi hingga lokasi tujuan. 

 

b. Tanggung Jawab Pembeli 

Pembeli akan bertanggung jawab sejak penerimaan barang di tempat tujuan. Mereka akan mengurus formalitas impor dan membayar biaya yang dibebankan, termasuk biaya bea cukai dan pajak.

 

 

Pengertian Delivered at Place

 

CIP dan DAP

 

DAP atau Delivered at Place merupakan istilah yang mengacu pada pihak penjual sebagai penanggung jawab dalam mengirim barang hingga tempat tujuan yang disepakati. Pihak penjual juga bertanggung jawab atas semua biaya dan risiko sehubungan pengiriman barang ke tempat tujuan, seperti bea cukai dan bea masuk di pelabuhan kawasan tujuan. 

 

a. Tanggung Jawab Penjual 

Dalam istilah ini, penjual memang akan bertanggung jawab lebih banyak dalam pengiriman barang, mulai dari proses mengemas barang dan dokumentasi perizinannya hingga biaya terkait pengangkutan barang, bea masuk di lokasi yang disepakati. 

 

b. Tanggung Jawab Pembeli 

Pembeli akan mulai bertanggung jawab menerima barang dan mengecek pembongkaran cargo di pelabuhan tujuan. Selanjutnya, mereka akan membayar biaya pajak, administrasi dan biaya bea cukai. 

 

 

Perbedaan CIP dan DAP

 

CIP dan DAP

 

Pemberian Asuransi

Dalam CIP, Penjual yang akan menyediakan asuransi untuk barang pengiriman sebagai perlindungan, namun dalam DAP, penjual tidak berkewajiban menyertakan asuransi. Pembeli memilih untuk mengasuransikan barang sesuai keinginannya.

 

Risiko kehilangan atau kerusakan

Untuk risiko pada CIP dialihkan pada penjual ke pembeli setelah barang diserahkan kepada pengangkut pertama. Sementara untuk DAP, risiko kehilangan DAP tetap menjadi tanggungan penjual sampai barang tiba di tempat tujuan dan nanti beralih ke pembeli ketika dibongkar di lokasi tujuan.

 

Biaya Pengangkutan

Pada CIP, penjual menanggung semua biaya pengangkutan sampai lokasi tujuan. Sementara untuk DAP, penjual menanggung biaya pengangkutan sampi lokasi yang disepakati, termasuk bea cukai dan pajak, kecuali saat sampai di lokasi pembeli. 

 

Asuransi 

Meskipun resiko ditanggung pembeli berdasarkan CIP, penjual harus mengambil asuransi atas nama pembeli baik dari pintu ke pintu atau udara/pelabuhan ke udara/pelabuhan sesuai kesepakatan dengan pembeli. Asuransi harus menanggung 110% dari harga penjualan CIF (asuransi biaya dan pengangkutan) dalam mata uang yang sama dengan kontrak. 

Sementara untuk DAP, penggunaan asuransi disesuaikan dengan kesepakatan penjual dan pembeli dalam kontrak. 

 

 

Kesimpulan

 

Baik CIP maupun DAP memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung pada kebutuhan dan preferensi pihak yang terlibat dalam transaksi. CIP menawarkan keamanan tambahan dengan asuransi yang disediakan oleh penjual, sedangkan DAP menawarkan kemudahan bagi pembeli tanpa perlu mengurus banyak hal. 

Pemahaman yang jelas tentang kedua istilah ini penting untuk memastikan transaksi perdagangan internasional berjalan dengan lancar dan sesuai kebutuhan kedua belah pihak.

***

Butuh layanan jasa pengiriman barang? SIP siap membantu. PT Surya Inti Primakarya memiliki tenaga ahli ekspor impor serta ahli kepabeanan berkompeten yang siap melayani Anda untuk pengiriman barang secara aman, terpercaya, dan tepat waktu.

Hubungi kami untuk info lengkapnya!

 


Your Message Has Been Sent..