logo-navbar

Mengenal Serba-Serbi Ekspor Makanan Minuman Kemasan

26 JUN 2024

 

Indonesia menjadi salah satu negara asia yang punya banyak komoditas berpotensi untuk diekspor ke pasar global. Komoditas-komoditas asal Indonesia yang kerap diekspor diantaranya seperti hasil perkebunan kelapa sawit, CPO, dan lainnya.

Bahkan, makanan dan minuman kemasan juga menjadi salah satu komoditas yang juga menjadi produk yang kerap diekspor di pasar internasional. Produk makanan dan kemasan ini rupanya cukup digemari di pasar internasional. 

 

Baca Juga: 8 Komoditas Ekspor Terbesar di Indonesia

 

Oleh karena itu, para pengusaha lokal yang masih pemula pun punya kesempatan untuk coba memperluas pasar penjualan mereka dengan mengekspor produk minuman & kemasan ke luar negeri. Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas serba-serbi ekspornya. Seperti strategi ekspor, syarat ekspor, dan tantangan ekspornya. Yuk ikuti ulasannya berikut ini!


 

Strategi Pemasaran Ekspor Makanan & Minuman Kemasan


Ekspor Makanan Minuman Kemasan

 

Bagi Anda yang masih pemula, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu bagaimana strategi pemasaran untuk ekspor makanan & minuman kemasan di pasar internasional. Ini menjadi penting guna memperkuat potensi perkembangan pasar makanan & minuman kemasan yang Anda ekspor di luar negeri. Berikut adalah poin-poin strateginya.

 

Analisis Pasar

Hal pertama yang tentu harus Anda lakukan yakni menganalisis potensi pasar dan segmentasi pasar mana yang paling cocok dengan produk makanan & kemasan Anda. Anda perlu menemukan wilayah mana yang punya permintaan tinggi pada produk makanan dan minuman kemasan serta segmen seperti apa yang perlu dihadapi.

 

Menetapkan Harga Produk Yang Sesuai

 

Ekspor Makanan Minuman Kemasan

 

Poin selanjutnya, strategi yang perlu Anda lakukan yakni menetapkan harga yang paling sesuai pada produk makanan & minuman kemasan yang akan diekspor ke suatu wilayah. Dalam menentukan harga suatu produk, ada perihal-perihal yang menjadi pertimbangan. Seperti, berdasarkan biaya produksi, pengemasan, pengiriman, serta rentan harga di pasar tersebut.

 

Menentukan Saluran Distribusi Yang Tepat

Terdapat 3 jenis saluran distribusi yang dapat Anda pilih untuk mendistribusikan produk Anda di pasar global. Diantaranya yakni sebagai berikut.

  • Direct Exporting: Direct exporting atau ekspor secara langsung merupakan jenis saluran distribusi yang mana penjualannya dilakukan langsung kepada pelanggan di luar negeri.

  • Indirect Exporting: Indirect Exporting atau ekspor secara tidak langsung merupakan jenis saluran distribusi yang melibatkan agen perdagangan atau eksportir untuk membantu proses penjualan di luar negeri.

  • Marketplace Online: Saluran distribusi lain yang dapat Anda manfaatkan yaitu marketplace online. Temukan platform online yang paling familiar dengan pasar tujuan Anda.

 

 

Syarat & Regulasi Ekspor Produk Makanan & Minuman Kemasan

 

Ekspor Makanan Minuman Kemasan

 

Adapun syarat dan regulasi ekspor produk makanan & minuman kemasan yang perlu dipahami. Hal ini menjadi penting guna mendukung legalitas ekspor yang sah dan menghindari resiko masalah dengan hukum yang menyebabkan kerugian.

Salah satu syarat yang perlu dipenuhi yakni memiliki Surat keterangan ekspor. Dokumen ini menjadi salah satu syarat yang perlu dipenuhi oleh Anda sebagai eksportir produk makanan dan minuman kemasan. 

Surat Keterangan Ekspor atau SKE terbagi menjadi 2 jenis. Diantaranya yakni Health Certificate & Free Sale Certificate. SKE menjadi suatu dokumen ekspor yang diterbitkan oleh BPOM. Kemudian, produk yang akan diekspor juga harus memenuhi persyaratan label dan kemasan yang ditetapkan negara tujuan.


 

Tantangan & Hambatan Ekspor Produk Makanan & Minuman Kemasan

 

Ada beberapa tantangan & hambatan yang perlu Anda pahami dalam mengekspor makanan & minuman kemasan. Tantangan & hambatan ini bukanlah hal yang perlu ditakuti, namun hal ini dapat Anda jadikan acuan dan pahami guna menghindari resiko terhambatnya kegiatan ekspor.

Simak tantangan & hambatannya berikut ini.

 

Tantangan Regulasi

Setiap kegiatan ekspor tentu dilakukan dengan mematuhi regulasi yang berlaku. Terlebih lagi, kegiatan ekspor merupakan kegiatan yang melibatkan 2 negara. Setiap negara tentu memiliki regulasi yang mungkin berbeda-beda. Kemudian terdapat beberapa sertifikasi yang perlu Anda penuhi dan mungkin akan memakan waktu dan biaya dalam pembuatannya.

 

Tantangan Logistik & Distribusi

Tantangan logistik & distribusi juga menjadi hal yang perlu Anda pelajari dan pahami. Terutama pada kegiatan ekspor produk makanan & minuman kemasan yang umumnya membutuhkan penanganan khusus. 

Penanganan khusus ini umumnya menjadi salah satu layanan yang memakan biaya yang lebih tinggi. Tak hanya itu, salah satu faktor yang perlu diwaspadai eksportir yakni resiko kerusakan selama perjalanan.

 

Tantangan Persaingan Pasar

Tentu saja persaingan pasar juga menjadi suatu tantangan yang perlu diwaspadai dan dihadapi. Oleh karena itu, Anda harus terus melakukan inovasi pada produk Anda guna menarik perhatian pasar.


 

Kesimpulan

 

Mengekspor produk makanan & minuman kemasan menjadi hal yang patut dicoba oleh para pengusaha lokal guna memperluas jangkauan pasar mereka. Namun, ada beberapa syarat, regulasi, serta tantangan yang perlu dihadapi untuk setiap kegiatan ekspornya.

***

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Butuh bantuan layanan jasa pengiriman barang yang berpengalaman untuk memastikan kelancaran proses ekspor-impor Anda? SIP adalah jawabannya

Surya Inti Primakarya memiliki tenaga ahli ekspor dan ahli kepabeanan yang siap untuk membantu Anda dalam mengirim barang secara aman, terpercaya, dan tepat waktu.

 


Your Message Has Been Sent..