logo-navbar

Ekspor Produk Seafood Indonesia, Ini Peluang Bisnisnya!

27 JUN 2024

 

Menjadi negara kepulauan dengan garis pantai yang panjang, Indonesia jadi salah satu negara penghasil produk seafood terbesar di dunia. 

Tidak berlebihan jika potensi besar ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu eksportir berbagai jenis seafood ke banyak negara. Seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan produk lainnya yang diekspor dalam bentuk segar, beku, atau sudah diolah. 

 

 

Peluang Ekspor Produk Seafood Indonesia


Ekspor Produk Seafood

 

Tren ekspor produk seafood di Indonesia memang mengalami pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun belakangan ini. 

Di tahun 2020, nilai ekspor untuk udang Indonesia mencatatkan 2,04 miliar dollar AS.

Di sisi lain, Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yakni Erwin Dwiyana mengungkapkan data ekspor perikanan tanah air seperti udang tercatat memperoleh 2,8 miliar dolar AS.

 

Baca Juga: Peluang Ekspor Keripik Indonesia di Pasar Dunia

 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Indonesia Marine and Fisheries Business Forum 2024, bahwa pasar seafood global semakin bertumbuh sampai 8,92 persen.

Memasuki pertengahan tahun 2024, nilai ekspor udang mengalami peningkatan sampai 4,3 miliar dollar AS, termasuk produksi udang senilai 2 juta ton.

 

 

Jenis Komoditas Ekspor Produk Seafood


Ekspor Produk Seafood

 

Dalam data di situs Ditjen PEN - Kementerian Perdagangan Indonesia, komoditas ekspor pada produk seafood dan perikanan tanah air, didominasi oleh udang dan tuna.

Selain itu, terdapat jenis kakap, tilapia, cephalopoda  seperti Cuttlefish, gurita dan cumi-cumi. Ada juga lobster, kepiting, teripang, daging kepiting rajungan hingga rumput laut menjadi komoditas populer dalam ekspor hasil laut di Indonesia. 

Dalam proses pengirimannya, berbagai jenis komoditas ekspor ini umumnya akan dipasarkan dalam bentuk produk segar, sudah didinginkan, hingga dalam bentuk kaleng, asap, hingga fermentasi yang siap diekspor ke berbagai negara.

 

 

Daftar Negara Tujuan Ekspor Produk Seafood 


Ekspor Produk Seafood

 

Amerika Serikat

Negara yang satu ini merupakan negara importir terbesar produk ikan dari Indonesia. Dimana jenis komoditi yang populer diekspor ke negeri Paman Sam ini adalah udang, rajungan dan tuna.

 

Jepang

Selanjutnya adalah Jepang. Negara ini memang terkenal memiliki beragam produk dan kuliner dari olahan ikan. Itu sebabnya, negeri Sakura juga banyak mengimpor hasil laut demi memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Komoditas yang paling banyak diekspor di Jepang adalah udang dan udang windu. 

 

Tiongkok

Tiongkok juga menjadi salah satu importir terbesar untuk bergama jenis hasil laut. Di tahun 2020, Tiongkok mencatatkan 422.564.850 kilogram untuk volume pengiriman impor. 

Produk yang banyak diminati antara lain, sotong, cumi, hingga rumput laut. Di tahun 2021, ekspor produk hasil laut dari Indonesia ke negeri ini mencapai 15.6%. 

 

Korea Selatan

Berbagai produk unggulan, seperti cumi-cumi dan olahan seafood lainnya menjadi favorit di Korea Selatan. Antara lain gurita, udang, kepiting, cumi, dan lainnya. 

Di tahun 2022, ekspor produk seafood dan ikan ke pasar Korsel mencapai 96,4 juta dolar AS, yang terdiri dari ikan fillet, gurita, udang, rumput laut hingga produk ikan beku. 

 

Kanada 

Potensi ekspor produk seafood tanah air sendiri mengalami peningkatan di empat provinsi Toronto, Kanada yakni Ontario, Manitoba, Saskatchewan, dan Nunavut. 

Data Statistics Canada di tahun 2020, menunjukkan jika nilai ekspor komoditi ini menghasilkan Rp 198 Miliar, dengan jenis Udang sebagai produk ekspor primadona. 

Selain negara-negara di atas, Kompas.com menuliskan jika tujuan ekspor hasil laut Indonesia juga menjadi incaran berbagai negara ASEAN, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan lainnya. 

 

 

 

Kesimpulan

 

Ekspor produk seafood dari Indonesia bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan, mengingat potensi dari hasil sumber daya laut yang melimpah dan strategi yang tepat. 

Menjaga kualitas produk dan memperkuat kerjasama dalam dan luar negeri bersama nelayan serta UKM, Indonesia sangat bisa memperluas pangsa pasar produk seafood di dunia.

Untuk pebisnis dan UMKM yang ingin melakukan kegiatan ekspor dan impor barang, Anda dapat memanfaatkan jasa layanan impor dan fasilitas Pusat Logistik Berikat dari PT Surya Inti Primakarya.

Untuk info lebih lanjut, segera hubungi kami.

 


Your Message Has Been Sent..