logo-navbar

Cepat Cuan! Ini Peluang Ekspor Keripik Indonesia di Pasar Dunia

30 JUN 2024

 

Tinggal di Indonesia mungkin bisa disebut tinggal di tanah surga. Tak hanya memiliki kekayaan alam yang melimpah, namun keragaman kuliner yang berpeluang besar dalam bisnis ekspor. Seperti ekspor keripik Indonesia. 

Keripik atau kerupuk adalah salah satu camilan yang sangat populer dan umum di tanah air yang kini banyak digemari di pasar global. Apalagi makanan ringan ini terdiri dari banyak rasa, jenis, bentuk, dan hanya ada di Indonesia. 

 

Baca Juga: Mengenal Peluang Ekspor Jengkol Indonesia di Pasar Dunia

 

Menarik untuk jadi ide bisnis, yuk kita lihat peluang ekspor keripik Indonesia di pasar global. 

 

 

Mengenal Keripik Indonesia 

 

Ekspor Keripik

 

Keripik atau kerupuk diolah dengan bahan adonan tepung yang dicampur dengan bahan baku dan tambahan lainnya, yang kemudian dipotong sesuai ukuran dan dijemur kering, kemudian siap dikemas dan dipasarkan. 

Produk keripik tanah air cukup unik, karena terdiri dari beragam jenis rasa dan bahan pembuat, seperti dari udang, ikan, singkong, pisang, ubi, bawang, kulit sapi dan jenis lainnya. 

 

 

Potensi Pasar Ekspor Keripik Indonesia 


Ekspor Keripik

 

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat selama tahun 2022, Indonesia mengekspor berbagai jenis kerupuk ke banyak negara dengan total USD 35 juta.

Korea Selatan menjadi negara yang paling banyak melakukan impor komoditas ini dengan nilai transaksi sekitar USD 10,1 juta. Naik sekitar 13% dari tahun 2021. 

Selain Korsel, berbagai negara seperti Tiongkok, Belanda, Amerika Serikat hingga Malaysia, Kanada dan lainnya juga menjadi pengimpor jenis keripik dan peyek tanah air.  

Jika dilihat dari data Kementerian Perdagangan, industri kerupuk dan jenis-jenisnya banyak diproduksi di kawasan Tangerang, Semarang, Boyolali, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, hingga Jember.

 

 

Jenis-jenis Keripik yang Diekspor


Ekspor Keripik

 

Keripik Singkong

Keripik ini menjadi yang paling populer diekspor dari Indonesia. Singkong memang menjadi bahan baku yang melimpah dan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Tentunya diolah dengan berbagai varian rasa seperti asin, pedas, manis, dan gurih.

 

Keripik Pisang

Keripik pisang juga jadi produk yang diminati. Berbahan dasar buah, Pisang yang digunakan adalah jenis pisang tanduk atau kepok dengan beberapa jenis rasa manis dan asin. 

 

Keripik Ubi

Keripik yang terbuat dari ubi jalar jenis kuning atau ungu, juga unggul di pasar internasional. Biasanya diproduksi dengan beragam jenis rasa seperti manis, pedas, dan asin.

 

Keripik Tempe

Tempe ternyata tidak hanya menjadi lauk pauk, namun dapat diolah menjadi keripik gurih dan renyah yang diminati di banyak negara. 

 

Keripik Buah

Keripik buah diantaranya nangka dan salak sering diolah menjadi cemilan sehat yang mengandung manis alami. 

 

Keripik Udang dan Ikan

Tak hanya dari tanaman, keripik juga bisa berbahan dasar hasil laut, seperti ikan dan udang. Diolah dengan tepung dan daging ikan dan udang yang diproses dengan baik. 

 

 

Negara-negara Tujuan Ekspor Keripik Indonesia 

 

Ekspor Keripik

 

Korea Selatan 

Korea Selatan menjadi negara tujuan utama ekspor kerupuk di tahun 2022 dan 2023 lalu. Ekspor komoditas ke Negeri Ginseng tersebut mencapai US$11,37 juta. Produk yang banyak diimpor adalah kerupuk ikan, singkong hingga udang. 

 

Kanada

Kanada juga menjadi negara pengimpor makanan dan minuman olahan dari Indonesia. Produk makanan olahan seperti keripik tempe, keripik buah dan sayuran, menjadi produk yang paling sering diimpor negara ini. 

 

Amerika Serikat

Pasar Amerika Serikat memiliki minat tinggi pada produk keripik Indonesia. Data BPS tahun 2023 mencatatkan jika negara ini mengumpulkan hingga US$ 1,52 Juta atau Rp 23,8 Miliar. 

 

Belanda 

Belanda menjadi negara tujuan ekspor kerupuk tanah air yang tetap stabil hingga tahun 2023. Beberapa produk yang populer adalah kerupuk udang, kerupuk singkong, hingga kerupuk ikan. Total ekspor ke negeri ini sekitar US$ 8,18 Juta. 

 

Taiwan

Produk ekspor ini juga sudah mencapai Taiwan, diantaranya adalah jenis kerupuk ikan dan udang, serta kerupuk singkong. Permintaan akan  produk ini memang terus meningkat dan menjadi salah satu cemilan favorit di Taiwan. Tercatat nilai ekspor menuju negara ini hingga US$ 1,02 Juta 

 

Malaysia

Negara Asia seperti Malaysia juga menjadi pengimpor produk kerupuk dari tanah air. Nilai total ekspor kerupuk ini mencapai US$ 3,12 Juta. 

 

Inggris

Kerupuk ikan dan udang, kerupuk singkong dan jenis keripik Indonesia lainnya ternyata populer sampai di Inggris. Industri camilan ini cukup berkembang di pasar Inggris Raya. BPS mencatatkan nilai ekspor ke Inggris hingga US$ 3,03 Juta. 

 

Singapura

Sama seperti Malaysia, Singapura juga banyak mengimpor makanan ringan khas Indonesia ini. Produk kerupuk tanah air mendapat tempat yang baik di pasar negara ini dan sudah mencatatkan total nilai ekspor hingga US$ 1,06 Juta.

 

 

Keunggulan Ekspor Keripik Indonesia 

 

Ekspor Keripik

 

Popularitas Produk Sehat

Tren pilihan makanan ringan yang lebih sehat tentunya membuka peluang untuk peningkatan penjualan keripik khas Indonesia, yang memang terkenal berbahan alami dan bebas pengawet buatan, seperti berbahan dasar singkong, pisang, dan ubi yang mengandung serat dan nutrisi penting untuk kesehatan.

 

Beragam Jenis Produk

Keberagaman jenis keripik dari Indonesia juga menjadi salah satu keunggulan. Dengan beragam jenis rasa dan tekstur yang dihadirkan, akan menciptakan daya tarik unik di berbagai pasar dunia. 

 

Harga Kompetitif

Biaya produksi yang cenderung masih terjangkau, menjadikan harga jual lebih kompetitif di pasar global. Dengan strategi pemasaran yang tepat, keripik Indonesia diyakini bisa menjadi produk unggulan. 

 

Strategi Pemasaran Ekspor Keripik 

Untuk meningkatkan kesempatan ekspor keripik tanah air, ada beberapa strategi pemasaran yang bisa diterapkan, diantaranya: 

 

Branding dan Promosi

Membangun brand yang kuat dengan promosi yang tepat, akan menambah daya jual dan daya tarik produk keripik tanah air. 

 

Pengemasan yang Benar

Kemasan yang menarik dan menjamin kebersihan tentu jadi jaminan mutu kualitas produk, sekaligus menarik perhatian konsumen dunia. Kemasan dapat menjadi khas unik suatu produk yang menampilkan nuansa Indonesia.

 

Sertifikasi dan Standar Internasional

Penuhi standar keamanan produk dan makanan yang diterapkan secara internasional, termasuk memiliki sertifikasi demi menambah kepercayaan konsumen dan membuka peluang dalam kegiatan ekspor dan impor. 

 

Riset Pasar

Lakukan juga riset pasar yang benar untuk memahami kebutuhan konsumen dan sesuai penawaran yang diberikan, khususnya negara tujuan ekspor. 

 

 

Kesimpulan

 

Peluang ekspor keripik Indonesia sangatlah besar, apalagi ditambah kekayaan bahan baku dan keunikan produk yang ditawarkan. Komoditi ini dapat menjadi salah satu produk ekspor unggulan yang menguntungkan. 

Jadi berminat untuk menekuni bisnis ekspor keripik ini? 

Untuk pebisnis dan UMKM yang ingin melakukan kegiatan ekspor dan impor barang, Anda dapat memanfaatkan jasa layanan impor dan fasilitas Pusat Logistik Berikat dari PT Surya Inti Primakarya.

 


Your Message Has Been Sent..