Saat sedang melakukan pengiriman barang, baik ekspor dan impor, pasti ada saatnya mengalami hambatan. Salah satunya dalam pengurusan bea cukai.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kesalahan umum bea cukai tidak menghambat proses aliran barang Anda. Apa saja kesalahan umum yang bisa terjadi dan penanganannya?
- Kesalahan-Kesalahan Pengurusan Bea Cukai
- Kesalahan Klasifikasi Barang
- Dokumen Tidak Lengkap atau Tidak Valid
- Kesalahan Perhitungan Pajak dan Bea Masuk
- Kurang Pembayaran
- Kesalahan pada Pengisian Data
- Peraturan Larangan dan Pembatasan
- Pengemasan dan Label yang Tidak Sesuai
- Penanganan yang Bisa Dilakukan
- Kesimpulan
Baca Juga: Mengenal Bea Cukai, Ini Pengertian, Fungsi dan Tarifnya
Simak penjelasan berikut ini!
Kesalahan-Kesalahan Pengurusan Bea Cukai

Kesalahan Klasifikasi Barang
Salah satu kesalahan umum yang paling sering terjadi dalam proses pengiriman secara ekspor dan impor adalah kesalahan dalam klasifikasi barang. Kesalahan tersebut bisa berupa deskripsi barang yang tidak jelas dan terperinci, salah memberikan kode pada HS (Harmonized System), atau nilai barang yang tidak sesuai.
Dokumen Tidak Lengkap atau Tidak Valid
Kesalahan lainnya adalah kelengkapan dokumen dan ketidak validan dokumen bea cukai yang dibutuhkan, seperti sertifikat keamanan, faktur komersial dan berkas lainnya. Hal ini akan menghambat proses pengiriman atau pengeluaran barang karena berpotensi ditolak di pelabuhan tujuan.
Kesalahan Perhitungan Pajak dan Bea Masuk
Perhitungan pajak dan bea masuk yang tidak sesuai juga akan membuat proses pembayaran terganggu dan menciptakan biaya tambahan dari pihak bea cukai.
Kurang Pembayaran
Proses pengeluaran barang di bea cukai akan terganggu karena adanya pelaporan kekurangan pembayaran. DJBC Indonesia biasanya akan menyertakan denda jika kesalahan pada importir.
Kesalahan pada Pengisian Data
Penggunaan sistem elektronik, seperti INSW (Indonesia National Single Window) juga menjadi momok yang sering mengganggu dalam proses bea cukai. Kesalahan penginputan data akan membuat keterlambatan atau penolakan proses aliran barang.
Peraturan Larangan dan Pembatasan
Beberapa jenis barang ekspor dan impor perlu izin khusus , akan tetapi masih banyak pelaku bisnis dan pihak terkait yang kurang memahami hal ini. Jika dibiarkan, maka proses bea cukai akan barang akan terhambat dan menyebabkan barang lebih lama tertahan.
Pengemasan dan Label yang Tidak Sesuai

Pengemasan yang tidak sesuai standar internasional atau label yang tidak jelas akan membuat barang lebih lama tertahan di bea cukai.
Penanganan yang Bisa Dilakukan
- Lakukan pengecekan ulang pada barang yang akan dikirim. Pastikan sudah sesuai dengan klasifikasi barang sesuai kode Harmonized System.
- Melakukan penilaian harga yang transparan dan akurat sesuai faktur komersial.
- Cek kembali dokumen yang dibutuhkan sebelum proses ekspor atau impor dimulai. Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah tersedia sesuai persyaratan bea cukai.
- Memastikan semua izin dan sertifikat terkait diperoleh sebelum pengiriman barang.
- Berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mendapatkan informasi terkini mengenai kebijakan impor dan ekspor.
- Gunakan sistem digital untuk menyimpan dan memeriksa kelengkapan dokumen agar meminimalisir kesalahan manual.
- Menggunakan software kepabeanan yang dapat membantu dalam proses perhitungan tarif sesuai kode HS dan peraturan terbaru.
- Selalu memantau perubahan regulasi, sesuai pajak dan bea masuk melalui situs resmi bea cukai yakni beacukai.go.id.
- Melakukan pemeriksaan pada kemasan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sertakan label jelas, diantaranya bagaimana penanganan barang, kode rincian, tujuan dan rincian lainnya.
- Lakukan pelatih staf agar handal dan terampil dalam penanganan masalah pada bea cukai.
- Menggunakan jasa forwarder terbaik dan sesuai dengan kebutuhan, khususnya yang sudah terbiasa menangani pengurusan bea cukai.

Kesimpulan
Kesalahan pada urusan yang berkaitan dengan bea cukai memang akan menimbulkan masalah dalam proses ekspor dan impor barang, kemudian menghambat alur distribusi, meningkatkan pembayaran tambahan, serta menimbulkan sanksi hukum.
Perhatikan tips penanganan di atas, dan meminimalisir risiko untuk memperlancar urusan perdagangan internasional.
***
Pilih Surya Inti Primakarya untuk layanan pengiriman yang aman dan tepat waktu.
Pengiriman Anda akan ditangani oleh tenaga ekspor impor terpercaya, dan ahli kepabeanan yang berkompeten.
Hubungi kami, segera.