Apakah bisa UMKM mencoba kegiatan ekspor? Sangat bisa! bahkan memiliki banyak manfaat yang menguntungkan untuk pemilik bisnis.
Apa saja manfaatnya? Tapi sebelumnya mari kita pahami perkembangan UMKM di Indonesia.
Perkembangan UMKM Indonesia
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM berperan signifikan dalam perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia.
Dalam data kemenkeu.go.id, sebanyak 64 juta UMKM mendominasi usaha di Indonesia, namun hanya berkontribusi ekspor nya hanya 15,65% (Rp 339.189 M) di tahun 2019.
Indonesia jadi negara tertinggi dengan jumlah UMKM, lalu ada Nigeria dan San Marino. Dari 322 juta jumlah UMKM di dunia, ada sekitar 196 juta di kawasan emerging market dan 102 juta berada di East Asia dan Pasifik.
UMKM menjadi sektor yang berperan penting dalam pemulihan ekonomi. Berdasarkan data BKPM di tahun 2020, UMKM memberikan dukungan produk domestik bruto sekitar 61,7 persen. Nilai ekspor UMKM mencapai 12,29 juta dolar AS atau Rp 178,15 miliar.
Peran UMKM
Untuk Perekonomian Global
UMKM dapat membuka kesempatan bisnis yang lebih luas ke mancanegara, hingga menciptakan lapangan kerja yang beragam, baik di dalam dan luar negeri.
Untuk Perekonomian Nasional
Potensi UMKM yang besar pada perekonomian Indonesia berkesempatan untuk peningkatan ekonomi yang lebih baik dan pemerataan pembangunan. Kegiatan ekspor ini juga akan menjadi sumber devisa bagi negara dan membantu
untuk perputaran roda perekonomian UMKM serta membuka lapangan pekerjaan baru.
Manfaat UMKM
Peningkatan Pendapatan
Ekspor membuka peluang bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka ke pasar internasional, yang pasti bisa memiliki daya beli yang lebih tinggi daripada pasar domestik. Dengan begitu, UMKM bisa meningkatkan volume penjualan dan pendapatan secara signifikan. Pendapatan tersebut dapat digunakan untuk memperluas usaha, meningkatkan kualitas produk, dan berinvestasi dalam inovasi.
Peningkatan Daya Saing
Ikut andil dalam perdagangan internasional, akan membuat UMKM dapat memenuhi standar kualitas yang lebih baik. Hal ini akan menaikkan reputasi dan meningkatkan daya saing di pasar domestik.
Diversifikasi Pasar
Demi menghindari fluktuasi ekonomi lokal, kegiatan ekspor UMKM dapat dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan banyak jenisnya. Hal ini juga akan membantu UMKM mengurangi ketergantungan pada satu pasar tertentu dan meningkatkan pendapatan mereka.
Teknologi dan Inovasi
Ekspor tak hanya menguntungkan untuk penjualan, namun memaksa pebisnis UMKM berinteraksi dengan pihak negara lain. Dengan begitu, Anda harus berupaya mengakses teknologi baru, dan memudahkan ide-ide inovatif terjamin.
Penciptaan Lapangan Kerja
Ekspor yang meningkat biasanya diikuti dengan peningkatan produksi, yang berarti UMKM perlu merekrut lebih banyak tenaga kerja. Dengan demikian, ekspor dapat berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja baru, yang pada gilirannya membantu mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Penguatan Jaringan Bisnis
Ekspor mendorong UMKM untuk membangun jaringan bisnis yang lebih luas, baik bekerjasama dengan mitra dan lembaga dalam negeri hingga luar negeri.
Peningkatan Brand Awareness
Menembus pasar internasional dapat meningkatkan brand awareness UMKM. Produk yang sudah berada di pasar internasional biasanya lebih baik dalam hal reputasi dan dipercaya konsumen.
***
Ekspor menawarkan banyak manfaat yang signifikan bagi UMKM. Tentu ada tantangan yang harus dihadapi. Namun dengan dukungan dan tindakan yang tepat, UMKM dapat memanfaatkan peluang ekspor untuk mengembangkan usaha dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.
Butuh layanan jasa pengiriman barang atau paket ke luar negeri? SIP siap membantu.
PT Surya Inti Primakarya memiliki tenaga ahli ekspor impor serta ahli kepabeanan berkompeten yang siap melayani Anda untuk pengiriman barang secara aman, terpercaya, dan tepat waktu.
Segera Hubungi Kami untuk info lengkapnya!