logo-navbar

Umum Didengar: Istilah Pick Up Pada Jasa Pengiriman Barang

06 FEB 2024

Dunia logistik saat ini sudah semakin berkembang karena banyaknya kemudahan yang dihasilkan dari perkembangan suatu teknologi. Terlebih lagi saat ini kegiatan jual beli barang sudah dapat dilakukan dengan cara online. 

 

Dalam hal ini, khususnya pihak penjual dapat berdagang di rumah dan hanya perlu mengantarkan produknya melalui jasa pengiriman barang. Pada umumnya pihak penjual akan memanfaatkan layanan pick up untuk melakukan pengiriman produknya pada pihak pembeli.

 

Lalu apa itu pick up pada jasa pengiriman barang? Apa manfaatnya? Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas sebuah istilah pelayanan pick up yang ada pada jasa pengiriman barang. Oleh karena itu, yuk simak pembahasan kali ini hingga tuntas!


 

Memahami Istilah Pick Up

 

pick up pada jasa pengiriman barang

Istockphoto.com


 

Istilah pick up merujuk pada sebuah layanan penjemputan suatu barang atau paket oleh kurir dengan datang langsung ke tempat penjemputan seperti toko maupun rumah produksi. Layanan pick up menjadi sebuah terobosan kemudahan pada suatu aktivitas pengiriman barang yang lebih efisien.

 

Sebelum adanya layanan pick up pihak penjual dalam sistem belanja online perlu untuk datang langsung ke agen penyedia layanan pengiriman barang untuk dilakukan proses pendataan dan kemudian dikirim. Namun karena saat ini teknologi semakin berkembang, layanan pengiriman barang juga turut berkembang hingga layanan pick up diterapkan seperti saat ini.


 

Baca Juga: Ingin Kirim Barang? Perhatikan Rintangan Proses Pengiriman Barang & Solusinya

 

 

Manfaat Layanan Pick Up

 

pick up pada jasa pengiriman barang

Istockphoto.com

 

Bagi pihak penjual, layanan pick up dinilai memiliki banyak manfaat. Layanan pick up pada jasa pengiriman barang memberikan beberapa manfaat yang dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi proses pengiriman bagi pihak penjual. Berikut adalah manfaat-manfaatnya.

 

Kemudahan dalam Menghimpun Barang

 

Bagi pihak penjual, layanan pick up dapat membantu mereka dalam menghimpun barang-barang yang akan dikirim dalam satu tempat. Tempat tersebut dapat berupa rumah penjual, ataupun rumah produksi penjual. 

 

Dengan layanan pick up ini, pihak penjual tidak perlu repot-repot membawa barang-barang dengan jumlah yang banyak menuju agen pihak penyedia layanan jasa pengiriman barang. Karena barang-barang mereka akan dijemput oleh kurir untuk kemudian dilakukan pengiriman.

 

Lebih Efisien Waktu

 

pick up pada jasa pengiriman barang

Istockphoto.com


 

Dengan layanan pick-up, pihak penjual atau pengirim dapat menghemat waktu yang seharusnya digunakan untuk perjalanan ke lokasi pengiriman. Ini menjadi sangat penting bagi mereka yang memiliki jadwal aktivitas yang padat dan memudahkan mereka untuk melakukan hal-hal lain yang juga penting.

 

Meminimalisir Resiko

 

Layanan pick up memungkinkan pihak pengirim untuk menghimpun barang-barang mereka dalam satu tempat dengan satu kali penjemputan. Dengan begitu, resiko kerusakan, kehilangan, ataupun kesalahan dapat diminimalisir.

 

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

 

Layanan pick up mendukung pihak penjual untuk segera melakukan dan menyelesaikan proses pengiriman yang lebih cepat. Sehingga dengan ini, pihak pelanggan akan merasa puas dan memberikan penilaian yang baik serta kembali untuk melakukan repeat order.


 

Kendala Umum pada Layanan Pick Up

 

pick up pada jasa pengiriman barang

Istockphoto.com

 

Meskipun layanan pick up memberikan banyak manfaat, layanan pick up terkadang mengalami beberapa kendala pada prosesnya. Berikut adalah kendala umum pada layanan pick up.

 

Titik Lokasi yang Rancu

 

Tak jarang, proses layanan pick up mengalami kendala yang membuatnya terhambat akibat titik lokasi penjemputan yang kurang jelas. Hal ini dapat disebabkan penulisan alamat yang kurang jelas dan kurang tepat. Akibatnya, proses pengiriman bisa mengalami keterlambatan, dan ada risiko barang tidak dapat diambil dengan sukses.

 

Pihak Pengirim Tidak Bisa Dihubungi


 

Terkadang, pihak kurir mengalami kebingungan yang mengharuskan mereka untuk menghubungi pihak pengirim. Namun tak jarang pihak pengirim sulit untuk dihubungi yang pada akhirnya membuat proses pengiriman mengalami keterlambatan, dan ada risiko barang tidak dapat diambil dengan sukses.

 

Pengajuan Pick Up Diluar Jam Operasional

 

Layanan pick up juga dapat terhambat akibat pengajuan yang dilakukan diluar jam operasional oleh pihak pengirim atau penjual. Hal ini mengakibatkan layanan pick up akan dilakukan di hari selanjutnya. Sehingga tak jarang hal ini juga berdampak pada resiko keterlambatan.

 

Situasi Overload

 

pick up pada jasa pengiriman barang

Istockphoto.com
 

Terdapat waktu-waktu tertentu yang dapat menyebabkan layanan pick up terhambat. Salah satu situasi yang dapat menghambat layanan pick up terhambat yaitu situasi overload. Situasi overload umum terjadi ketika ada event-event tertentu seperti hari belanja nasional atau hari raya besar. Sehingga tak jarang, situasi seperti ini dapat menghambat proses pengiriman.

 

 

Perbedaan Pick Up dengan Drop Off

 

Layanan pick up dan drop off adalah dua opsi yang berbeda dalam konteks jasa pengiriman barang. 

 

Layanan pick up memungkinkan pengirim untuk menentukan lokasi pengambilan barang dari alamat yang diinginkan, baik itu kantor, rumah, atau rumah produksi tanpa perlu mengunjungi pusat pengiriman. Layanan pick up memberikan kenyamanan dan efisiensi waktu, mengurangi beban logistik bagi pengirim. 

 

Sedangkan, layanan drop off merupakan sebuah layanan yang mengharuskan pihak pengirim untuk membawa barang mereka sendiri ke pusat pengiriman atau titik serah yang ditentukan oleh penyedia jasa. Walaupun dengan sedikit usaha ekstra, namun terkadang layanan drop off dapat memberikan opsi yang lebih fleksibel.

 

 

Kesimpulan

 

Layanan pick up merupakan sebuah bentuk inovasi yang dinilai sangat memudahkan pihak pengirim atau penjual untuk melakukan pengiriman produknya kepada pembelinya. 

 

Layanan ini mencakup penjemputan produk atau barang dari pihak penjual, sehingga mereka tidak perlu datang ke gerai atau pusat pengiriman untuk melakukan pengiriman. Dengan begitu proses pengiriman akan menjadi lebih efisien dan resiko kehilangan atau kerusakan pada barang dapat diminimalisir.

 

***

 

Percayakan proses pengiriman barang serta ekspor impor Anda pada PT. Surya Inti Primakarya.

 

SIP menyediakan tim ahli dalam bidang ekspor dan impor, serta menyediakan layanan kepabeanan yang siap membantu Anda mengirimkan barang dengan aman, terpercaya, dan tepat waktu.

 

Segera Hubungi Kami untuk info selengkapnya.


Your Message Has Been Sent..