Melalui the Developing Country Trading Scheme (DCTS) dan Joint Economic and Trade Committee (JETCO), Indonesia dan Inggris dapat semakin memperluas kerja sama perdagangan yang menguntungkan.
Dilansir dari data kemendag.go.id, total nilai kerja sama ekonomi Indonesia dan Inggris di tahun 2020, tercatat mencapai USD 2,2 miliar. Sementara, di tahun 2022, total perdagangan dua negara ini sebesar USD2,70 miliar, dengan ekspor Indonesia ke Inggris senilai USD 1,66 miliar dan impor Indonesia dari Inggris mencapai USD 1,04 miliar.
- Potensi Ekspor Indonesia ke Inggris
- Kapal dan Struktur Mengambang
- Kopi dan Teh
- Produk Kayu
- Bahan kimia organik
- Produk Pertanian
- Produk Tekstil dan Pakaian
- Alas Kaki
- Tips Peluang Ekspor ke Inggris Bagi UMKM
- Pahami Pasar dan Persaingan
- Kualitas Produk Unggul
- Regulasi dan Standar
- Kerja sama dan Kemitraan
- Branding dan Pemasaran yang Efektif
- Perbaiki Layanan Pelanggan
- Inovasi Produk
- Kesimpulan
Potensi Ekspor Indonesia ke Inggris
Walau masih tergolong sedang, namun potensi ekspor Indonesia menuju Inggris bisa semakin menjanjikan, mengingat pembenahan kerja sama yang terus dilakukan pemerintahan kedua negara ini, dari berbagai sektor seperti pertanian, industri, dan produk-produk kreatif.
Baca Juga: Kenali Peluang Ekspor Kapulaga Indonesia
Beberapa produk yang populer diekspor Indonesia ke Inggris, meliputi :
Kapal dan Struktur Mengambang
Mencakup kapal, perahu, dan lainnya struktur, nilai ekspor produk ini ke kawasan Samudra Hindia Inggris dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.
Kopi dan Teh
Ekspor kopi dan teh juga selalu jadi perhatian. Di tahun 2022 lalu, Indonesia diwakili Kementerian Perdagangan menandatangani kesepakatan kopi Internasional dengan pemerintah Inggris terkait peningkatan kerja sama untuk merevitalisasi sektor kopi Indonesia.
Produk Kayu
Nilai ekspor kayu dan produk turunannya seperti perabot dan kertas juga masih menjadi primadona untuk Inggris, mencapai 277 juta dolar AS di tahun 2021. Semntara ekspor produk kayu di tahun 2022 mencapai kenaikan 3,8 persen.
Bahan kimia organik
Ekspor produk lainnya adalah bahan kimia organik yang secara mengejutkan tidak begitu diminati sebelumnya. Indonesia memang kian aktif mengekspor bahan kimia organik ke banyak negara, termasuk Inggris.
Produk Pertanian
Produk pertanian seperti cokelat, buah-buahan tropis, dan rempah-rempah juga jadi daya tarik bagi pasar Inggris.
Produk Tekstil dan Pakaian
Tekstil dan pakaian seperti kain tenun tradisional, batik, dan produk fashion berbahan alam dari Indonesia juga berpeluang besar sebagai unggulan di pasar Inggris.
Alas Kaki
Ini juga menjadi komoditas ekspor yang unggul dari Indonesia. Mencakup sepatu dan sandal dari bahan kulit samak.
Tips Peluang Ekspor ke Inggris Bagi UMKM
Untuk dapat menembus pasar di Inggris, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Indonesia perlu melakukan beberapa tips berikut :
Pahami Pasar dan Persaingan
Para pebisnis di UMKM harus melakukan riset pasar untuk memahami preferensi konsumen Inggris, tren pasar, dan mengenali saingannya. Hal ini akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang pas.
Kualitas Produk Unggul
Kualitas produk unggulan jadi prioritas. Pastikan menawarkan produk dengan standar kualitas yang memang cocok untuk konsumen Inggris.
Regulasi dan Standar
Pastikan produk sudah mematuhi regulasi perdagangan dan standar kualitas sesuai standar Inggris.
Kerja sama dan Kemitraan
Jalin hubungan baik dengan distributor lokal agar mudah melakukan akses pasar. Manfaatkan platform online atau bergabung dengan pameran dagang untuk memperluas jaringan dan komunitas.
Branding dan Pemasaran yang Efektif
Bangun branding yang kuat dan lakukan promosi yang efektif, bisa melalui media sosial, iklan online, atau kolaborasi dengan vendor atau penjual lokal di negara tujuan.
Perbaiki Layanan Pelanggan
Pelayanan yang baik jadi kunci membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Respon yang cepat dan membantu masalah yang terjadi akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen.
Inovasi Produk
Terus kembangkan produk untuk tetap relevan di pasar, namun tentunya sesuai kebutuhan dan memenuhi selera konsumen yang selalu berubah.
Kesimpulan
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, UMKM Indonesia berpeluang baik untuk berhasil menembus pasar Inggris dan meningkatkan ekspor produk-produk Indonesia ke negara tersebut.
Butuh jasa pengiriman yang aman? PT Surya Inti Primakarya dapat membantu Anda.
Kami menyediakan jasa pengiriman dan pelayanan kepabeanan terpercaya dan berpengalaman, yang siap membantu pengiriman melalui laut dan udara.
Silahkan Hubungi kami.