logo-navbar

Sertifikasi CTPAT: Cara Kerja, Manfaat dan Cara Mendapatkannya

22 DEC 2024

Sebagai pelaku perdagangan internasional, apakah Anda pernah mendengar tentang sertifikasi CTPAT? 

CTPAT atau Custom Trade Partnership Against Terrorism adalah program dari Customs and Border Protection (CBP) yang bekerja sama dengan komunitas perdagangan. Tujuannya adalah untuk memperkuat pasokan internasional dan memperbaiki keamanan perbatasan Amerika Serikat.

Program CTPAT membuat pengiriman barang ke Amerika Serikat dan daerah Internasional lainnya terhindar dari risiko gangguan teroris.

 

 

Cara Kerja Sertifikasi CTPAT

 

 

Ketika sebuah organisasi, lembaga, perusahaan, atau institusi bergabung dengan CTPAT, kesepakatan kerja sama akan dibuat dengan CBP. Hal ini bertujuan untuk melindungi rantai pasokan, mengidentifikasi celah keamanan, dan menerapkan praktik keamanan terbaik.

Organisasi, lembaga, perusahaan, atau institusi yang tergabung diharuskan bisa mewujudkan profil keamanan yang mencantumkan rencana tindakan. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan keamanan di seluruh rantai pasokan. 

Dengan menerapkan hal-hal tersebut, anggota CTPAT akan dianggap berisiko rendah. Karena hal ini juga, anggota yang tergabung dalam CTPAT tidak akan diperiksa di pelabuhan masuk Amerika Serikat.

 

Baca Juga: Sertifikasi Ekspor: Definisi, Jenis, & Prosedur Pembuatannya

 

 

Manfaat Sertifikasi CTPAT

 

 

Organisasi, lembaga, perusahaan, atau institusi yang menjadi mitra CTPAT akan merasakan berbagai keuntungan. Salah satu keuntungan tersebut adalah ikut serta dan aktif dalam bekerja dengan Pemerintah Amerika Serikat dalam memberantas terorisme.

 

Tidak hanya itu saja, sertifikasi CTPAT juga bisa membawa berbagai keuntungan berikut ini:

 

- Tidak diperiksa secara ketat oleh CBP, khususnya saat melintasi perbatasan Amerika Serikat untuk melakukan perdagangan internasional.

- Mendapatkan akses ke Free and Secure Trade (FAST).

- Mendapatkan akses ke sistem portal berbasis web CTPAT dan perpustakaan online materi pelatihan.

- Memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk bisa lolos dari pemeriksaan bertingkat.

- Diakui sebagai mitra dagang terpercaya oleh Bea Cukai Asing yang telah menyepakati Mutual Recognition dengan Pemerintah Amerika Serikat.

- Dikategorikan sebagai golongan prioritas apabila terjadi bencana alam atau serangan teroris.

- Mendapatkan prioritas di CBP’s industry-focused Centers of Excellence and Expertise.

- Bisa ikut berpartisipasi dalam Importir Self-Assessment Program (ISA).

 

 

Cara Mendapatkan Sertifikasi CTPAT 

 

 

Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan sertifikasi CTPAT, antara lain:

 

Meninjau

 

Organisasi, lembaga, perusahaan, atau institusi yang Anda naungi perlu terlebih dahulu meninjau Kriteria Keamanan Minimum CTPAT untuk bisnisnya dan menentukan kelayakan program tersebut.

 

Ajukan Aplikasi Dasar

 

Ajukan aplikasi dasar melalui sistem Portal CTPAT dan setuju untuk berpartisipasi atau bergabung secara sukarela.

 

Lengkapi Profil

 

Lengkapi profil Security Supply Chain. Jelaskan bagaimana organisasi, lembaga, perusahaan, atau institusi yang Anda naungi dapat memenuhi kriteria keamanan minimum CTPAT.

Setelah menyelesaikan ketiga langkah di atas dan mendapatkan hasil yang memuaskan, perusahaan Anda akan dikunjungi oleh Specialist Security Supply Chain. Tujuannya adalah untuk meninjau dan memberikan panduan secara terus-menerus.

Program CTPAT memiliki waktu hingga 90 hari lamanya untuk mengesahkan atau menolak organisasi, lembaga, perusahaan, atau institusi yang sebelumnya sudah mengajukan untuk bergabung.

Apabila diterima, Anda bisa langsung mendapatkan seluruh manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, apabila ditolak, Anda bisa melakukan validasi ulang dalam waktu 1 tahun dari waktu dikeluarkannya hasil tersebut.

 

 

Kesimpulan

 

Sertifikasi CTPAT bisa membawa banyak keuntungan, khususnya jika Anda sering melakukan kegiatan ekspor dan impor dengan pihak yang tinggal di Amerika Serikat. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda ingin segera mengurus sertifikasi CTPAT. Dengan begitu, transaksi ekspor dan impor antara Anda dengan pihak di Amerika Serikat dan negara-negara sekitarnya lebih aman serta lancar.

 

***

 

Butuh rekomendasi jasa yang bisa menangani seluruh aspek dalam kegiatan ekspor dan impor? Andalkan saja PT Surya Inti Primakarya. Sebagai Penyelenggara Pusat Logistik Berikat pertama di Pekanbaru, SIP berkomitmen untuk memudahkan segala kebutuhan terkait ekspor dan impor.

Klik hubungi kami untuk tahu lebih lanjut.


Your Message Has Been Sent..